Meningkatkan Efektivitas Penerapan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Santri di Pondok Pesantren Riau
DOI:
https://doi.org/10.25299/njppi.2024.21030Keywords:
Lingkungan Bahasa Arab, Pondok Pesantren, Santri, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Penerapan lingkungan bahasa Arab di pesantren merupakan strategi penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab santri. Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan program lingkungan bahasa Arab di pesantren-pesantren di Riau melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program ini melibatkan 15 pesantren dengan variasi jumlah santri dari 39 hingga 1.500 orang dan tenaga pengajar bahasa Arab antara 1-12 orang. Menggunakan pendekatan participatory action research. Tahapan pengabdian ini berbasis Participatory Action Research (PAR) meliputi; 1) Identifikasi Masalah, 2) perencanaan, 3) pengumpulan Data, 4) aksi, 5) evaluasi, 6) refleksi, 7) analisis sosial kembali, 8) rencana aksi berikutnya. Kegiatan pengabdian ini mencakup workshop, diskusi kelompok, dan demonstrasi praktis. Hasil menunjukkan tingkat kepuasan peserta sangat tinggi dengan rata-rata nilai 5 dari 5. Peserta menilai materi dan metode penyampaian sangat relevan dengan kebutuhan. Program menghasilkan peningkatan pemahaman tentang strategi penerapan lingkungan bahasa Arab dan terbentuknya komitmen kerjasama antar pesantren. Rekomendasi meliputi pengembangan program berkelanjutan, penguatan kapasitas tenaga pengajar, dan pelibatan wali santri dalam mendukung program.
Downloads
References
Abdul Wahab, M. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(1), 32–51. https://doi.org/10.15408/a.v3i1.3187
Alfitri, A., Supriyady, H., & Saproni, S. (2020). Hambatan dalam Menciptakan Lingkungan Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Munawaroh Pekanbaru. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 212–220.
Alsubhi, A., Adnan, M. A. B. M., bin Yusof, A., Awae, F., & Abuhassna, H. (2023). Cooperative Learning, Method, Strategy, and Its Importance in Language Learning: Arabic Language as a Model. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences, 13(12).
Amanda, C., & Khan, J. (2024). The Influence of Internal and External Factors on Arabic Language Learning Interest among Arabic Language Education Students. Journal of Arabic Language Learning and Teaching (JALLT), 2(2), 89–100.
Delaney, E., & Liu, W. (2024). Utilizing Artificial Intelligence Models to Support Environmental Sustainability Implementation in the Design Process. Design Management Review, 35(4), 22–32.
Haq, A. Z., Akmansyah, M., Erlina, E., & Koderi, K. (2024). Technology Integration in Arabic Language Learning: a Literature Review on the Effectiveness of e-Learning and Mobile Applications. Journal of Research in Instructional, 4(2), 481–494.
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2), 141–148.
Kasuma, S. A. A. (2022). Language and Sustainability Communication. In Sustainability Communication across Asia (pp. 15–30). Routledge.
Liu, X. (2024). The analysis of distance learning based on Vygotsky’s Learning Theory. SHS Web of Conferences, 183, 03016.
Richardson, T., Waite, S., Askerlund, P., Almers, E., & Hvit-Lindstrand, S. (2024). How does nature support early language learning? A systematic literature review. Early Years, 44(3–4), 682–709. https://doi.org/10.1080/09575146.2023.2220978
Samin, S. M., Akzam, I., & Supriady, H. (2022). Strategies of Arabic Students’ Self-Regulated Learning Improvement in Language Proficiency in The Disruption Era. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(2), 165–177. https://doi.org/10.15408/a.v9i2.22828
Samin, S. M., & Hikmah, H. (2021). Self-Regulated Learning of Arabic Education Students Via Moodle Discussion Forum. Journal of Arabic Linguistics and Education, 7(1), 17–29. https://tinyurl.com/yyms4ts9.
Samin, S. M., Yunita, Y., & Akzam, I. (2021). Strategi Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di Era Revolusi Industri 4.0. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 113–120.
Samin, S. M., Zulkifli, A., & Supriady, H. (2023). Concepts of Informal Arabic Language Environment for Higher Education. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 28–38.
VanPatten, B., Keating, G. D., & Wulff, S. (2020). Theories in Second Language Acquisition: An introduction. Routledge.
Wang, C. (2009). On linguistic environment for Foreign Language Acquisition. Asian Culture and History, 1(1), 58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Natijah: Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.