Pendampingan Program Tahfiz Anak-Anak Desa Teratak Kabupaten Kampar

Authors

  • Desmawti Desmawati Universitas Islam Riau, Indonesia

Abstract

Masyarakat merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Mereka hidup dalam satu desa atau kampung. Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat banyak persoalan terutama yang berkaitan kesadaran beragama. Misalnya orangtua, tidak sedikit yang kurang pedulu terhadap agama, sehingga anak-anak mereka pun tidak mendapat pendidikan agama yang baik, khusus yang berkaitan dengan kemampuan belajar Al-Qur’an. Untuk itu di desa-desa banyak anak-anak yang kurang mampu membaca Al-Qur’an. Jika berkaca pada masa lalu, justru anak-anak di kampung sangat gemar belajar atau mengaji Al-Qur’an. Tentu realitas tersebut tidak luput dari peran orang tua. Namun kini yang terjadi malah sebaliknya. Orang tua kurang peduli dengan pendidikan agama anaknya. Dengan pendekatan KKN tematik berbasis problem solving, pengabdian ini dilakukan dengan terlebih dahulu menyusun rencana kerja. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah terlaksananya program kerja yang sudah disusun sebelumnya. Dalam pelaksanannya anak-anak yang mendapat program sangat antusias sehingga kemampuan belajar tafiz mereka jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, M., Arif, M. & Raihana. (2020). Pedoman Kuliah Kerja Nayata Mandiri FAI UIR masa Covid-19. Pekanbaru: FAI UIR.

Suryana, Y., Dian, D., & Nuraeni, S. (2018). Manajemen Program Tahfidz Al-Quran. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 220-230.

Muntiarti, T., Ernawati, E., & Indriyanto, B. (2020). Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an Di SMA-IT Buahati Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 3(1), 1-13.

Downloads

Published

2024-07-06