Penyuluhan Urgensi Pendidikan Agama Islam Bagi Masa Depan Remaja Muslim

Authors

  • M. Yusuf Ahmad Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Ary Antony Putra Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Musaddad Harahap Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Amirudin Amirudin Universitas Islam Riau, Indonesia

Keywords:

Pendidikan, Islam, Remaja

Abstract

Dewasa ini remaja sering mengalami goncangan yang sangat luar biasa. Terutama ketika adanya media sosial. Tidak jarang para remaja kehilangan identitasnya sebagai seorang muslim. Dalam situasi demikian, tentu dibutuhkan sentuhan-sentuhan yang santun agar para remaja bisa memahami dirinya bahwa ia adalah masyarakat global dan sekaligus ia juga adalah seorang muslim. Itulah sebabnya pengabdian ini dilakukan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah dengan memberikan penyuluhan terhadap para remaja muslim. Untuk mengetahuai hasil dari penyuluhan, dilakukan pengamatan saat acara sampai selesai acara. Adapun hasil dari penyuluhan ini adalah terbentuknya kesadaran para remaja betapa pentingnya agama Islam sebagai bekal dalam kehidupan. Para remaja juga sudah memahami bahwa tanggungjawab pendidikan agama Islam itu tidak hanya bertumpu kepada guru di sekolah, tetapi juga oleh orangtua dan masyarakat. Sekolah, keluarga, dan masyarakat tentu harus bersinergi supaya para generasi muslim bisa dibina dengan sebaik-baiknya. Upaya-upaya penyuluhan seperti ini sangat penting untuk digalakkan agar para remaja terus mendapat pencerahan sehingga mereka tidak lalai dengan hiruk pikuk dunia. Para remaja tentu boleh untuk sibuk mencari dunia, tetapi agama Islam tetap menjadi petunjuk arah yang harus digelorakan dalam diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132-146.

Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23-32.

Febriyanti et. al. (2020). Penyuluhan Sosial: Membaca Konteks dan Memberdayakan Masyarakat. Bandung: Lekkas.

Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10-33.

Jamaluddin, D. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Jamilah, J. (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat). Simulacra, 2(2), 181-194.

Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Nata, A. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Purwanto, M.N. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

2024-02-24