JURNAL MEDIAM https://journal.uir.ac.id/index.php/mediam <p>JURNAL MEDIAM merupakan wadah untuk para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, Pemerintahan, LSM, dan lain-lain) untuk dapat mempublish karya tulisan dalam bentuk artikel ilmiah. JURNAL MEDIAM fokus kepada artikel yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat. JURNAL MEDIAM diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Maret dan Desember).</p> en-US [email protected] (Fitri Hardianti, M.I.Kom) [email protected] (Ivan Taufiq, M.I.Kom) Thu, 27 Jun 2024 15:12:15 +0700 OJS 3.3.0.15 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengenalan Kekerasan Berbasis Gender Online pada Siswa SMK Negeri 2 Pekanbaru https://journal.uir.ac.id/index.php/mediam/article/view/15912 <p>Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lapangan terkait kekerasan saat ini yang berdasarkan Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional Tahun 2021 yang dilakukan KemenPPPA dan BPS, sebanyak 8,7% perempuan berumur 15-64 tahun pernah mengalami pelecehan seksual secara online sejak berumur 15 tahun dan 3,3% perempuan mengalaminya dalam setahun terakhir. Gambaran serupa dicatatkan Komnas Perempuan di Data Catatan Tahunan 2022 yang menunjukkan Laporan kasus KBGO menempati posisi tertinggi dalam pengaduan ke Komnas Perempuan di ranah publik, yakni mencakup 69% dari total kasus. Perhatian dan solusi masyarakat dalam penanganan KBGO masih tergolong sangat rendah, padahal KBGO yang tidak segera ditangani akan berdampak negatif pada berbagai kondisi. Patriarki yang sangat kuat di negara ini menyebabkan munculnya stigma bahwa perempuan adalah korban sedangkan laki-laki adalah pelaku. hal ini menyebabkan keengganan laki-laki untuk melapor apabila dirinya menjadi korban kekerasan, karena bisa jadi danggap mengada-ada, diremehkan, atau dianggap lemah. Penyebab lain adalah kurangnya literasi mengenai apa saja yang termasuk kekerasan seksual berbasis gender. Hal inilah yang menjadikan dasar untuk melakukan penyuluhan di sekolah yang mayoritas siswanya adalah laki-laki, yaitu SMKN 2 Pekanbaru</p> Dyah Pithaloka Copyright (c) 2024 JURNAL MEDIAM https://journal.uir.ac.id/index.php/mediam/article/view/15912 Thu, 27 Jun 2024 00:00:00 +0700 Literasi Digital Sebagai Langkah Menghindari Hoaks Bagi Remaja https://journal.uir.ac.id/index.php/mediam/article/view/16762 <p><span class="s3">Perkembangan</span> <span class="s3">teknologi</span> <span class="s3">berpengaruh</span> <span class="s3">besar</span> <span class="s3">kepada</span> <span class="s3">pengguna</span> <span class="s3">sehingga</span> <span class="s3">pengguna</span> <span class="s3">harus</span><span class="s3">mampu</span> <span class="s3">memanfaatkan</span><span class="s3"> internet </span><span class="s3">dengan</span> <span class="s3">bijak</span><span class="s3">. Di Indonesia </span><span class="s3">sudah</span> <span class="s3">banyak</span> <span class="s3">m</span><span class="s3">asyarakat</span><span class="s3">yang </span><span class="s3">menggunakan</span><span class="s3"> internet </span><span class="s3">dalam</span> <span class="s3">aktivitas</span> <span class="s3">sehari-hari</span><span class="s3">. </span><span class="s3">Begitu</span><span class="s3"> pula </span><span class="s3">dengan</span><span class="s3"> Masyarakat </span><span class="s3">Provinsi</span><span class="s3"> Riau pun </span><span class="s3">sudah</span><span class="s3"> sangat </span><span class="s3">akrab</span> <span class="s3">dengan</span> <span class="s3">penggunaan</span><span class="s3"> internet, </span><span class="s3">namun</span> <span class="s3">tingkat</span> <span class="s3">literasi</span><span class="s3">digital </span><span class="s3">Provinsi</span><span class="s3"> Riau </span><span class="s3">masih</span> <span class="s3">berada</span> <span class="s3">dibawah</span><span class="s3"> rata-rata se-Indonesia. </span><span class="s3">Sehingga</span><span class="s3"> sangat </span><span class="s3">diperlukan</span> <span class="s3">peningkatan</span> <span class="s3">kemampuan</span> <span class="s3">literasi</span> <span class="s3">bagi</span> <span class="s3">m</span><span class="s3">asyarakat</span><span class="s3"> Riau, </span><span class="s3">khususnya</span> <span class="s3">remaja</span><span class="s3">atau</span> <span class="s3">pelajar</span><span class="s3"> yang </span><span class="s3">kin</span><span class="s3">i</span> <span class="s3">menjadi</span> <span class="s3">pengguna</span><span class="s3"> internet </span><span class="s3">terbanyak</span><span class="s3">. Dalam Upaya </span><span class="s3">mewujudkan</span><span class="s3">Masyarakat digital, di </span><span class="s3">bangku</span> <span class="s3">sekolah</span> <span class="s3">telah</span> <span class="s3">dihadirkan</span> <span class="s3">kegiatan</span> <span class="s3">ekstrakurikuler</span> <span class="s3">siber</span><span class="s3">kreasi</span><span class="s3">. </span><span class="s3">Kegiatan</span> <span class="s3">literasi</span><span class="s3"> digital </span><span class="s3">ini</span> <span class="s3">bertujuan</span> <span class="s3">untuk</span> <span class="s3">meningkatkan</span> <span class="s3">kecakapan</span> <span class="s3">literasi</span><span class="s3">digital para </span><span class="s3">pelajar</span><span class="s3">. </span><span class="s3">Kegiatan</span> <span class="s3">ini</span><span class="s3"> juga </span><span class="s3">mendukung</span> <span class="s3">kegiatan</span> <span class="s3">pengabdian</span><span class="s3"> Masyarakat yang </span><span class="s3">telah</span> <span class="s3">dilaksanakan</span> <span class="s3">dalam</span> <span class="s3">bentuk</span> <span class="s3">penyuluhan</span><span class="s3">. </span><span class="s3">Penyuluhan</span> <span class="s3">kepada</span><span class="s3"> para </span><span class="s3">siswa-siswi</span><span class="s3"> SMA Negeri 10 </span><span class="s3">Pekanbaru</span> <span class="s3">telah</span> <span class="s3">dilaksanakan</span><span class="s3"> dan </span><span class="s3">materi</span> <span class="s3">penyuluhan</span><span class="s3"> yang </span><span class="s3">disampaikan</span> <span class="s3">sudah</span><span class="s3">disesuaikan</span> <span class="s3">dengan</span> <span class="s3">kebutuhan</span> <span class="s3">peserta</span> <span class="s3">dalam</span> <span class="s3">permasalahan</span> <span class="s3">untuk</span> <span class="s3">menghindari</span> <span class="s3">berita</span><span class="s3">bohong</span> <span class="s3">atau</span> <span class="s3">hoaks</span><span class="s3"> yang </span><span class="s3">dapat</span> <span class="s3">mengancam</span> <span class="s3">remaja</span> <span class="s3">sebagai</span> <span class="s3">pengguna</span> <span class="s3">aktif</span><span class="s3"> internet. Hasil yang </span><span class="s3">dicapai</span> <span class="s3">setelah</span> <span class="s3">kegiatan</span> <span class="s3">ini</span> <span class="s3">dilakukan</span> <span class="s3">yaitu</span> <span class="s3">dapat</span> <span class="s3">membantu</span> <span class="s3">meningkatkan</span><span class="s3">pemahaman</span> <span class="s3">remaja</span> <span class="s3">khususnya</span> <span class="s3">siswa-siswi</span><span class="s3"> SMA Negeri 10 </span><span class="s3">Pekanbaru</span> <span class="s3">menjadi</span> <span class="s3">remaja</span><span class="s3">cakap</span><span class="s3"> digital.</span></p> Yuly Rahmi Pratiwi, Amelia Fitri, Roiyatul Ruqayah Copyright (c) 2024 JURNAL MEDIAM https://journal.uir.ac.id/index.php/mediam/article/view/16762 Thu, 27 Jun 2024 00:00:00 +0700