KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA TARI KREASI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGKO KABUPATEN ROKAN HILIR PROVINSI RIAU

Authors

  • Syefriani Syefriani Universitas Islam Riau, FKIP, Prodi Sendratasik, Pekanbaru, Indonesia
  • Yahyar Erawati Universitas Islam Riau, FKIP, Prodi Sendratasik, Pekanbaru, Indonesia
  • Shelsea Rizqi Universitas Islam Riau, FKIP, Prodi Sendratasik, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Kreativitas Pembelajaraan dan Seni Tari kreasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai kreativitas siswa dalam pembelajaran seni budaya (seni tari) di SMA Negeri 2 Bangko Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau. Kreativitas siswa dilihat dari Teori Menurut Parnes, terdiri dari 5 teori yaitu: 1)Fluency (kelancaran) 2) Flexibility ( Keluwesan) 3) Originality (keaslian) 4) Elaboration (keterperincian) 5) Sensitivity (kepekaan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, instrumen penelitian tidak terlibat langsung dalam aktivitas yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan yang digunakan meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian kreativitas siswa pada pembelajaraan seni tari kreasi yaitu 1). Siswa memiliki kelancaran dalam berfikir.Keluwesan berfikir di lihat pada saat siswa mengeksplorasi, menata dan menyusun gerak-gerakkan menjadi sebuah tarian sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh 3) Kemampuan originality dilihat dari siswa saat menggambungkan hasil pemikiran atau ide dalam menciptakan gerakan tari. 4) Kemampuan Elaboration dilihat ketika saat siswa bekerja sama atau berdiskusi dalam pemecahan masalah. 5) Kemampuan sensitivity dilihat ketika siswa dapat menangkap dan menghasilkan ide ataupun menentukan tema, gerakan, musik, dan menetukan pola lantai dari tari kreasi yang di buat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30