Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VIIc Sekolah Luar Biasa (SLB) SMP Sri Mujinab Pekanbaru Provinsi Riau

  • Yahyar Erawati
  • Nurnaningsih Nurnaningsih
  • Enil Nursya
Keywords: metode demonstrasi, pembelajaran, seni tari

Abstract

Metode demonstrasi adalah salah satu cara mengajar, di mana guru melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievalusi oleh guru. Menganalisis suatu masalah metafisika merupakan salah satu cara untuk melatih kemampuan penggalian bakat untuk lebih kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian untuk membuktikan reabilitas teori tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran seni tari di kelas VIIc Sekolah Luar Biasa (SLB) Sri mujinab Pekanbaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitataif dengan jenis Observasi Deskriptif. Objek yang diteliti adalah siswa kelas VIIc Sekolah Luar Biasa (SLB) Sri mujinab Pekanbaru, berjumlah 8 Siswa dan 1 Guru. Setiap siklus dari metode demonstrasi terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan, dan tahap mengakhiri metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukan penerepana metode demonstrasi dapat mencapai sasaran serta lebih efektif dan efesien dalam hal pemberian pengajaran seni tari kepada anak sekolah luar biasa tunagrahita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-26
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 7 times