Pengajaran Seni Rupa Terapan Media Tanah Liat di kelas VII.4 SMP N 26 Pekanbaru Provinsi Riau

Authors

  • Hengki Satria Universitas Islam Riau, FKIP Sendratasik
  • Yahyar Erawati Universitas Islam Riau, FKIP Sendratasik
  • Nurasia Susan Universitas Islam Riau, FKIP Sendratasik

Keywords:

Pengajaran, Seni rupa terapan, media, tanah liat

Abstract

Pendidikan seni terbentuk dari kata pendidikan dan seni. Seni merupakan hasil usaha penemuan kebutuhan manusia untuk mengungkapkan perasaan. Dalam pengajaran seni rupa guru memiliki peran utama dalam menentukan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya, yakni memberi pengetahuan (koknitif), sikap dan nilai (afektif) dan keterampilan (psikomotorik). Dengan kata lain tugas dan peran peserta didik yang utama terletak dibidang pengajaran. Pengajaran merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karna itu seorang guru dituntut untuk dapat mengolah (manajemen) kelas, menggunakan metode mengajar, strategi mengajar, maupun sikap dan karakteristik pendidikan dalam mengolah proses belajar mengajar yang afektif, mengembangkan bahan ajar yang baik, dan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk menyimak pelajaran yang menguasai tujuan pendidikan yang harus mereka capai. hasil pengamatan yang dilakukan di SMP N 26 Pekanbaru Provinsi Riau di kelas VII.4 terdapat suatu masalah dalam pembelajaran Seni Rupa Terapan yaitu banyak siswa yang masih bermain-main dalam proses belajar mengajar berlangsung di karenakan guru kurang menegur siswa, akan tetapi hasil belajar siswa dapat memenuhi KKM karena pelajaran Seni Rupa Terapan ini merupakan pelajaran yang sangat digemari oleh siswa di kelas VII.4. Maka dari itu penulis tertarik meneliti pada materi pengajran Seni Rupa Terapan di kelas VII.4 dikarenakan siswanya yang kreatif dalam berkreasi Seni Rupa Terapan. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kualitatif karena merupakan studi mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari guru-guru yang mengajar di kelas VII.4 SMP N 26 Pekanbaru Provinsi Riau yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dan sampel yang peneliti ambil yaitu kelas VII.4 yang berjumlah 38 orang siswa dan 1 orang guru Seni Budaya. Berdasarkan data yang telah dianalisiskan, dipaparkan pada BAB II maka dapat diambil kesimpulan pada pengajaran Seni Rupa Terapan ini guru berpedoman kepada Kurikulum, Silabus dan RPP, dan di dalam RPP tersebut terdapat Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi/ Penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-04