PENGEMBANGAN VLOG (Video Blog) CHANNEL YOUTUBE BERBASIS STEM PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA

STEM Pada Materi Laju Reaksi

Authors

  • Maya Sari IAIN Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(2).5725

Keywords:

Vlog, STEM dan Laju reaksi

Abstract

Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu inovasi bagi siswa dalam memahami setiap materi pelajaran. Dalam proses pembelajaran, guru mesti memilih media pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan. Berkembangnya teknologi informasi mempengaruhi dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Perkembangan zaman yang semakin modern membuat individu bergantung pada teknologi, terutama smart phone. Dalam proses pembelajaran guru masih terbatas dalam pengembangan media, yang terlihat pada minimnya penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan vlog  (video blog) channel youtube sebagai alternatif pembelajaran kimia berbasis STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model rancangan 4D. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: pendefenisisan (define), perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Kelayakan produk dilakukan dengan melakukan validasi pada ahli media dan ahli materi. Kemudian, peneliti melakukan uji praktikalitas terbatas terhadap produk dengan menggunakan 10 orang siswa. Berdasarkan hasil validasi produk, diperoleh persentase 80% dengan kriteria valid, dan persentase praktikalitas vlog berbasis STEM yang dilihat dari angket respon siswa sebesar 96,13%, sedangkan dari angket respon guru diperoleh persentase 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mawaddah, N., Suhery, T., & Wancik, K. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Kelas X Pada Materi Reaksi Redoks Dengan Pendekatan STEM Problem Based Learning Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA , 297-302.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triastuti, E. (2019). Pembelajaran berbasis STEM pada materi sel volta untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa. Jurnal Adikarsa , 15 (16), 33-44.
Susilanan, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Suratun, Irwandani, & Latifah, S. (2018). Video pembelajaran berbasis problem solving terintegrasi chanel youtube : pengembangan pada materi cahaya kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education , 01 (3), 271-282.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles