Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputational Pada Materi Bentuk Molekul
DOI:
https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17558Keywords:
Media Pembelajaran, Komputational, Lectora Inspire, Bentuk MolekulAbstract
Ada banyak konsep kimia yang bersifat abstrak, salah satunya adalah konsep bentuk molekul yang termasuk dalam materi Kimia Dasar I. Saat ini, dalam proses pengajaran, dosen seringkali hanya dapat menggambarkan bentuk molekul tersebut secara dua dimensi di papan tulis. Namun, sebenarnya bentuk molekul tersebut memiliki dimensi tiga. Dengan kemajuan teknologi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT), banyak program yang tersedia untuk membuat gambar tiga dimensi, video, dan animasi. Salah satunya adalah perangkat lunak Lectora Inspire.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan media pembelajaran berbasis komputer untuk materi bentuk molekul menggunakan perangkat lunak Lectora Inspire hingga dianggap layak untuk digunakan dalam mata kuliah Kimia Dasar I di program studi pendidikan kimia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan yang mengadopsi model ADDIE untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran mengenai materi bentuk molekul Kimia Dasar I dalam program studi pendidikan kimia.
Dari hasil penelitian, diperoleh penilaian dari validator materi sebesar 93,3% dan validator media sebesar 93,3%, dengan kriteria yang sangat baik. Respon dari dosen sebesar 93,3% dan respon dari mahasiswa sebesar 89,2%, keduanya dengan kategori sangat baik. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan menggunakan model ADDIE membutuhkan pembuatan flowchart dan storyboard pada tahap desain. Tanggapan dari dosen dan respon dari mahasiswa dikategorikan sebagai sangat baik. Media pembelajaran mengenai bentuk molekul yang telah dikembangkan menerima tanggapan yang sangat baik berdasarkan penilaian dari dosen dan respon dari mahasiswa dengan skor masing-masing 89,2% dan 93,3%.
Downloads
References
Ardina, V. 2014.: Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bentuk Molekul Menggunakan Software Swish Max 4 untuk Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Jambi Diakses November 2015
Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung
Fuldiratman dan Minarni. 2020. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media E-Komik. The Indonesia Society Of Integrated Chemistry, 12(2), 62–67.
Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ibrahim. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Kalsum. 2009. Kimia 1 Kelas X SMA & MA. Jakarta : Pusat Perbukuan
Minarni, M., Epinur, E., Yusnidar, Y., & Ramadani, Y. (2023). Laboratorium Virtual Berbasis Adobe Flash CS6 Profesional Materi Kesetimbangan untuk Kimia Dasar I Prodi Pendidikan Kimia. Jurnal Zarah, 11(1),53-61.https://doi.org/10.31629/zarah.v11i1.4810
Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung:
Alfabeta Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Purwanti, L. 2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Jambi: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire pada Materi Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen untuk Siswa Kelas X SMA N 11 Kerinci. Diakses November 2015
Putra, N. 2012. Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT Raja Grafindo Persada
Romundza,F.,Miharti,I.,Harizon, Novferma,2023. Development of Artificial Inteligence-Based Learning Video on The Topic of Air Polution Using Lumen App. Jurnal Pendidikan MIPA, FKIP. Universitas Lampung. (JPMIPA), 24(4), 801-809 DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v24i4.pp801-809
Sadiman. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta