DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL BERBASIS 3D PAGEFLIP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
E-MODUL BERBASIS 3D PAGEFLIP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).16839Keywords:
media pembelajaran, 3D PageFLip, Pendekatan Saintifik, Hidrolisis Garam, E-ModulAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran atau bahan ajar dalam membantu guru
untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas
dan praktikalitas e-modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam
yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan Design & Development Reasearch (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu
analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation). Subjek
penelitian ini ialah 10 peserta didik kelas XII MIA 1, 2 guru kimia, 1 dosen ahli materi dan 1 dosen ahli
media. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e- modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam memperoleh
persentase validitas ahli media dan ahli materi berturut-turut sebesar 83,6% dan 85% dengan kriteria
sangat valid. Untuk persentase praktikalitas guru diperoleh nilai sebesar 93,3% dengan kriteria sangat
praktis, dan uji respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 89,6% dengan kriteria sangat menarik.
Maka dari itu e modul dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Putra, R. A. (2018). Peran Teknologi Digital dalam Perkembangan Dunia Perancangan
Arsitektur. https://doi.org/10.22373/ekw.v4i1.2959
Suru, R., Liow, H., Kewas, J., & Maukar, D. (2021). Pengembangan Modul
Pembelajaran Berbasis Multimedia. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.
https://doi.org/10.53682/gj.v2i1.911
Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis
Model Laerning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas
XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E Journal) SNF2015, IV(May 2018)
Sholeh, S. (2017). Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al Mujadalah ayat
. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2).
https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).633
Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.
Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2).
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran
Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1).
https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar
Mahasiswa. Jurnal Komunikasi https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul
Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. JURNAL
EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202
Indriana, L. (2021). Pengembangan E-Book 3D Berbasis Aplikasi 3D Pageflip. In JPSP
(Vol. 1).