DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL BERBASIS 3D PAGEFLIP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

E-MODUL BERBASIS 3D PAGEFLIP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Muhammad Alfito Alfito Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Neti Afrianis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).16839

Keywords:

media pembelajaran, 3D PageFLip, Pendekatan Saintifik, Hidrolisis Garam, E-Modul

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran atau bahan ajar dalam membantu guru
untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas
dan praktikalitas e-modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam
yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan Design & Development Reasearch (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu
analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evaluation). Subjek
penelitian ini ialah 10 peserta didik kelas XII MIA 1, 2 guru kimia, 1 dosen ahli materi dan 1 dosen ahli
media. Teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e- modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam memperoleh
persentase validitas ahli media dan ahli materi berturut-turut sebesar 83,6% dan 85% dengan kriteria
sangat valid. Untuk persentase praktikalitas guru diperoleh nilai sebesar 93,3% dengan kriteria sangat
praktis, dan uji respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 89,6% dengan kriteria sangat menarik.
Maka dari itu e modul dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putra, R. A. (2018). Peran Teknologi Digital dalam Perkembangan Dunia Perancangan

Arsitektur. https://doi.org/10.22373/ekw.v4i1.2959

Suru, R., Liow, H., Kewas, J., & Maukar, D. (2021). Pengembangan Modul

Pembelajaran Berbasis Multimedia. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.

https://doi.org/10.53682/gj.v2i1.911

Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis

Model Laerning Cycle 7E pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik untuk Siswa SMA Kelas

XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E Journal) SNF2015, IV(May 2018)

Sholeh, S. (2017). Pendidikan dalam Al-Qur’an (Konsep Ta’lim QS. Al Mujadalah ayat

. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2).

https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).633

Hamriana, H. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2).

https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8095

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran

Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1).

https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar

Mahasiswa. Jurnal Komunikasi https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul

Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. JURNAL

EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202

Indriana, L. (2021). Pengembangan E-Book 3D Berbasis Aplikasi 3D Pageflip. In JPSP

(Vol. 1).

Downloads

Published

2024-05-22

Issue

Section

Articles