PENGEMBANGAN E-LKPD TERMOKIMIA BERBASIS SELF REGULATED LEARNING (SRL) MENGGUNAKAN WIZER.ME PADA KELAS XI SMA/MA SEDERAJAT

Authors

  • Arsyisyah Universitas Riau
  • Rasmiwetti
  • Sri Haryati

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2023.vol5(2).14947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD termokimia berbasis Self Regulated Learning (SRL) menggunakan wizer.me pada kelas XI SMA/MA sederajat, mengetahui kevalidan E-LKPD berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik Self Regulated Learning, kebahasaan, penyajian, kegrafisan, desain sampul E-LKPD, desain isi E-LKPD dan mengetahui respon pengguna terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang menggunakan desain penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yatu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop. Instrumen yang digunakan ialah lembar validasi dan angket respon pengguna. Validasi dilakukan oleh dua validator ahli materi dan satu validator ahli media, serta respon pengguna diperoleh dari guru dan peserta didik. Setelah dilakukan validasi sebanyak dua kali diperoleh hasil validasi ahli materi pada aspek kelayakan isi, karakteristik Self Regulated Learning, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan berturut-turut yatu 94,634%, 95,834%, 93,750%, dan 87,500% dengan kriteria valid. Hasil validasi media pada aspek desain sampul dan isi E-LKPD yaitu 93,095% dan 90,105% dengan kriteria valid. Hasil uji respon pengguna memeroleh skor 88,13% oleh guru kimia dengan kriteria sangat baik dan 87,35% oleh peserta didik dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci : E-LKPD, Termokimia, Self Regulated Learning, Wizer.me

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augustha, Aulia, Susilawati, Sri Haryati. 2021. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan Ph Larutan Garam Untuk Kelas Xi Sma/Ma Sederajat.” Journal of Research and Education Chemistry, vol. 3(1): 28.

Effendi, Darwin, and Dan Achmad Wahidy. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang: 125–29.

Jhonanda, Putri. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Termokimia Di Kelas XI SMA.”https://repository.unsri.ac.id/29681/.

Khairunnisa, Ninis, Ibnu Khaldun, Erlidawati. 2022. “Implementation of Thermochemistry Learning Video for Grade Xi Students.” Chimica Didactica Acta, vol. 8(1).

Komala, fita. 2021 "Pengembangan E-Lkpd Berbasis Self Regulated Learning Menggunakan Google Classroom Pada Materi Termokimia". Universitas Islam Negeri Walisongo.

Kumalasari, Okta Dwi, and Julianto. 2021 “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . Me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, vol. 9(7). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41382.

Lestari, Dyah Dwi, and Muchlis Muchlis. 2021 “Pengembangan E-Lkpd Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 5(1). doi:10.23887/jpk.v5i1.30987.

Rahayu, R., S Iskandar, Y Abidin. 2022. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia".Jurnal Basicedu, vol. 6(2).

Ramlawati, Liliasari, Muhammad Abdulkadir Martoprawiro, Ana Ratna Wulan. 2014. “The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Students’ Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry.” Journal of Education and Learning (EduLearn), vol. 8(3). doi:10.11591/edulearn.v8i3.260.

Safitri, Oktavia Ning.2022. “Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . Me Pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 10(1).

Subakti, Dwiki Prasetya, Jafri Marzal, M Haris Effendi Hsb. 2021. “Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 05(2).

Surawan, K., I G Nurhayati, I W Sutaya. 2018. “Penerapan Model Self Regulated Learning Untuk Pekerjaan Dasar Elektromekanik Pada Siswa Kelas X.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, vol. 7(3): 113–22.

Syahputra, Edi. 2018. “Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal), vol. 1.

Wong, Jacqueline, Khalil, Mohammad Baars, Martinede Koning, Björn B. Pass, Fred. 2019. “Exploring Sequences of Learner Activities in Relation to Self-Regulated Learning in a Massive Open Online Course.” Computers and Education.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles