Pengembangan Media Pembelajaran Komik Kimia Berbasis Green Chemistry

Authors

  • Imam Ardiansyah Universitas Islam Riau
  • Oktariani Oktariani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).14545

Abstract

Media pembelajaran memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar efektif yang mendukung perkembangan siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, pendidik dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang mendalam, meningkatkan motivasi, dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang merupakan bagian dari proyek penelitian dan pengembangan (R&D) yang sedang berlangsung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Kuesioner diisi oleh 30 siswa kelas XI SMAN 7 Pekanbaru pada program IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,7% siswa menyatakan bahwa materi koloid memerlukan media pembelajaran yang inovatif. Selanjutnya, 63,3% siswa menyatakan bahwa mereka menggunakan buku sebagai media pembelajaran, 20% lebih menyukai video pembelajaran, 13,3% lebih menyukai sumber daya berbasis web, dan 3,3% lebih menyukai modul. Selain itu, 63,3% siswa senang membaca komik, 20% memiliki preferensi netral, dan 16,7% tidak menyukai komik. Namun baru 6,7% siswa yang pernah memanfaatkan komik sebagai sumber belajar. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya pengembangan media pembelajaran berupa komik pada mata pelajaran koloid.

 

Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Komik, Koloid, Media Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Imam Ardiansyah, Universitas Islam Riau

Education Of Chemistry 

Oktariani Oktariani, Universitas Islam Riau

Education Of Chemistry 

References

Ali, A. (2013). The Effect of Comic Strips On Efl Reading Comprehension. International Journal on New Trends in Education and Their Implication, 4(5), 54–64.

Ardianto, D., & dan Rubbini, B. (2016). Comparison of Students Scientific Literacy In Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Indonesian Journal of Science Education, 5(1), 31–37.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Asmarani, I., Sumarni, W., & Wardani., S. (2017). Pengembangan Media Motion Comic Berbasis Inkuiri Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Chemistry in Education, 6(1).

Asnawir, & Usman, dan M. B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2014). Kurikulum 2013 untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Chairisa, N. (2016). Perbedaan Literasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Koloid Antara Pembelajaran Yang Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Riil Dan Eksperimen Animasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains., 3.

Choerunnisa, Wardani, & Sumarti., D. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Doe, J. (2018). The Impact of Writing Style on Reader Engagement: A Study of Print Books. Reading Psychology, 25(3).

Fathoni, K., Utomo, A. B., Hangga, A., & Pamungkas, O. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur ’ an Berbasis Android di TPQ Al Falah Semarang. Edu Komputika Journal, 5(2), 110–116.

Ginanjar. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Keterampilan Menulis Laporan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 372–379.

Guna, D., Agung, A., Agung, G., & Pudjawan, K. (2019). GAME EDUCATION MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAKET AGUNG. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 14–23.

John Smith. (2017). The Role of Illustrations in Enhancing the Readability of Print Books. Journal of Educational Psychology, 22(1).

Khe Foon Hew, W. S. C. (2013). Use of Web 2.0 Technologies in K-12 and Higher Education. Educational Research Review, 9, 47–64.

M. Prihatiningsih. (2017). Improving the Interactive Learning System of Printed Books Through Augmented Reality Technology. Indonesian Journal of Science and Technology, 2(1).

Marlinasari; Mohan Taufiq Mashuri; Gusti Hadiatus Splehah. (2018). MINAT BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MIA MAN 1 BANJARMASIN The Effect of Comic Learning Media Towards Students ’ Learning Interest in Chemistry on Colloid Topic at Class XI MIA MAN 1 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 1(1), 30–33.

Nengsih, Y. K. (2017). Studi Komparatif Pengelolaan Pembelajaran pada Homeschooling Primagama dengan Homeschooling Anugrah Bangsa A Comparative Study of the Teaching Management in Primagama and Anugrah Bangsa Homeschools. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 101–112.

Nida, D. M. A. A., & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 16–31.

Ramadhani. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. JUPITEK : Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 77–86.

Rohmawati, N. E. & G. W. (2020). Pengunaan Media Komik Berbahasa Mandarin Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Perhotelan SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 3(1).

Syam, H. D. G. W. N. S. (2019). Media pembelajran: teori dan praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wulandari, I. G. A. A. M., & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 1–15.

Downloads

Published

2024-05-22

Issue

Section

Articles