Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha di Kantor Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Devi Fibrianti Universitas Islam Riau
  • Zainal

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Pembuatan Surat Keterangan Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan surat keterangan usaha di Kantor Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dari Zeithaml, Parasuraman dan Berry dengn lima indikator yaitu Bukti Langsung (Tangible), Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dari analisis lima indikator yang peneliti lakukan dapat ditemukan hasil dari penelitian ini yaitu bahwa pelayanan pembuatan surat keterangan usaha di Kantor Kelurahan Sungai Pakning belum memberikan pelayanan yang berkualitas karena terbatasnya sarana dan prasarana pendukung serta kurangnya pegawai dalam memberikan pelayanan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-22

How to Cite

Fibrianti, D., & Zainal. (2025). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha di Kantor Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 411–420. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/23265

Issue

Section

Articles