Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar
Keywords:
Kualitas, Pelayanan Publik, BirokrasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pemerintah Desa Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar beserta hambatan dalam penyelenggaraannya. Penelitian ini merupakan hasil analisa pada kualitas pelayanan publik. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Penilaian kualitas pelayanan ini di terapkan berdasarkan teori kualitas pelayanan Menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry dengan indikator Kenampakan fisik (tangible),Reliabilitas (reliability),Responsivitas (responsiviness),Kompetensi (competence), Kesopanan (courtesy), Kredibilitas (credibility), Keamanan (security), Akses (access),Komunikasi (comminication), Pengertian (understanding the customer),Akuntabilitas (accountability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah desa kijang rejo cukup baik dalam melayani masyarakat walaupun masih di temukan adanya hambatan-hambatan yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik dan juga permasalahan publik belum diselesaikan salah satunya respon terhadap keluhan masyarakat yaitu pencurian kelapa sawit yang sampai saat ini masih banyak terjadi di desa kijang rejo ,namun kalau dilihat dari indikator-indikator lain nya ,pemerintah desa kijang rejo cukup baik dalam menjalankan roda pemerintahan desa ,seperti pengelolaan keuangan yang baik, hubungan kerja sama antar lembaga yang baik dalam menciptakan pemerintahan yang baik, fasilitas yang cukup di kantor desa kijang rejo, para pegawai desa yang sopan dan santun, maka dari itu pemerintahan desa kijang rejo cukup baik dalam melaksanakan tugas nya.