Evaluasi Pelayanan Publik Di Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis
Keywords:
Evaluasi, Kualitas Pelayanan Publik, Surat Keterangan Tidak MampuAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Pelayanan Publik di Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, dan untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi dalam Pelayanan Publik tersebut. Rumusan masalah yang diangkat adalah Bagaimanakah Pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Di Kantor Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penarikan informan dan informan kunci dilakukan melalui teknik sensus dan purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Pelayanan Publik di Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis dinilai kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pendapat key informan dan informan bahwa Pelayanan Publik di Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis masih belum sempurna. Penilaian ini tentunya juga sudah dilihat dari berbagai sisi untuk mendapatkan hasil penilaian yang maksimal maka penulis melibatkan penelitian penilaian yang diberikan oleh Masyarakat dan juga pihak Desa itu sendiri.