Efektivitas Perpustakaan Desa Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di Desa Resam Lapis Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Firda Sakinah Universitas Islam Riau
  • Dita Fisdian Adni

Keywords:

Efektivitas, Perpustakaan Desa, Budaya Literasi

Abstract

Perpustakaan adalah tempat untuk mengumpulkan ilmu pengetahuan, sumber informasi dan tempat membina minat baca. perpustakan desa bukan hanya menunggu pengunjung datang tetapi bergerak aktif membujuk dan mendorong masyarakat agar menjadi bagian penting manfaat positif perpustakaan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Efektifitas Perpustakaan Desa Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di Desa Resam Lapis Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Perpustakan desa merupakan perpustakaan yang didirikan oleh pemerintahan desa yang dibimbing oleh dinas perpustakaan dan kearsipaan kabupaten bengkalis. Berdasarkan observasi, terdapat bebarapa kasus seperti masih kurangnya koleksi buku dan masih rendahnya minat baca masyarakat. Indikator penelitian yang digunakan penulis pada penelitian ini ada 3 (tiga) yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Dimana melakukan penelitian langsung ke Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa Resam Lapis, Pengelola perpustakaan desa dan masyarakat desa agar dapat fenomena yang ada berdasarkan fakta yang bersifat aktual pada saat meneliti dengan menggunakan tipe observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa masih belum efektif atau belum berjalan dengan baik perpustakaan desa dalam mengembangkan budaya literasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-17

How to Cite

Sakinah, F., & Adni, D. F. (2024). Efektivitas Perpustakaan Desa Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Di Desa Resam Lapis Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Jurnal Mahasiswa Pemerintahan, 1(1), 1–9. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/jmp/article/view/17076

Issue

Section

Articles