JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis <p>Jurnal Jiabbis merupakan jurnal Program Studi Administrasi Binis yang bernaung pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universias Islam Riau.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> en-US [email protected] (Faisal Amrillah, S.Sos., M.Si) [email protected] (Faisal Amrillah, S.Sos., M.Si) Tue, 14 May 2024 23:12:57 +0700 OJS 3.3.0.15 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Fadillah Mandiri Sejahtera di Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17040 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Fadillah Mandiri Sejahtera di nagari koto kaciak kecamatan bonjol. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe deskriptif kuantitatif, yaitu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data menggunakan angka-angka dan statistik untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis yang diajukan Dari hasil perhitungan Koefisien determinasi diperoleh dari perhitungan regresi linear sederhana, maka koefisien determinasi sebesar 0,843 atau R2 x 100% sebesar 84,3%. Kebermaknaan dari nilai tersebut memiliki implikasi bahwa variabel kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 84,3%, dan sisanya 15,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar model yang dimasukkan dalam penelitian ini. Dari hasil uji t diketahui bahwa pemberian kompensasi berpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Fadillah Mandiri Sejahtera. Nilai t-hitung sebesar 2,445 &gt; t-tabel (1,676) dan sig. 0,001 &lt; 0,05 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima.&nbsp;</p> Pristia Dwidanna Safitri, La Ode Syarfan Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17040 Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Endorse Non Selebriti Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fashion Muslim Hikayat Collection Pekanbaru https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17041 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh endorse non selebriti dan brand image terhadap eputusan pembelian fashion muslim hikayat collection. Tipe penelitian menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen di Hikayat Collection sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dan positif terhadap eputusan pembelian. Hasil uji f menunjukkan bahwa endorse non selebriti dan brand image secara bersama-sama mempengaruhi eputusan pembelian.&nbsp;</p> Sifa Fauzia, Annisa Mardatillah Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17041 Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Keberadaan Objek Wisata Taman Syarifah Sembilan Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Keil Dan Menengah Di Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17144 <p>Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Keberadaan Objek Wisata Taman Syarifah Sembilan Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Tipe penelitian yang penulis gunakan adalah tipe penelitian survey deskriptif dan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel Keberadaan Objek Wisata dengan indikator Daya Tarik Wisata, Prasarana Wisata, Sarana Wisata, Masyarakat dan Lingkungan didapatkan hasil dari responden dengan kategori sangat setuju. Kemudian untuk variabel Perkembangan Usaha dengan indikator Peningkatan Pendapatan, Peningkatan Jumlah Pelanggan, Peningkatan Tenaga Kerja mendapatkan hasil dari responden dengan kategori sangat setuju. hasil dari penelitian regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Keberadaan Objek Wisata memiliki hubungan yang signifikan terhadap Perkembangan Usaha.&nbsp; &nbsp;</p> Afrizal Afrizal, Sri Rahayu Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17144 Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17145 <p>Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Electronic Word of Mouth sebagai variabel bebas (X) dan Keputusan Pembelian sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di Shopee Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru. Hipotesis penelitian ini yakni terdapat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di Shopee Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu melalui observasi, kuesioner, wawancara, dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Kemudian teknik pengolahan data yang digunakan penelitian ini dengan software SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode statistic regresi linear sederhana Y = 24,791 + 1,044X menunjukkan bahwa pengaruh electronic word of mouth (X) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah positif. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis Uji t sebesar 7,191 dengan signifikan 0,001. Didapati ttabel sebesar 1,985 yang berarti thitung &gt; ttabel (7,191 &gt; 1,985). Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain variabel bebas (X) secara parsial berpengaruh terhadap variabel terikat (Y). dan pada uji koefisien determinasi (R2) disimpulkan bahwa R2 sebesar 0,355 atau 35,5%. Artinya variabel electronic word of mouth mempengaruhi keputusan pembelian di Shopee Toko Akar Sari Cosmetics Pekanbaru sebesar 35,5% dan 64,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti promosi, produk, harga, pelayanan, lokasi.&nbsp;</p> Ristama Betaria, Eka Komalasari Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17145 Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Aurel Pematang Reba https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17149 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Aurel Pematang Reba. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey deskriptif dengan metode kuantitatif dan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk dengan indikator variasi merek produk, variasi kelengkapan jenis produk, variasi ukuran produk, dan variasi kualitas produk sehingga memperoleh hasil dari responden dengan kategori Baik. Sedangkan untuk variabel keputusan pembelian dengan indikator pemilihan produk, pemilihan merek produk, waktu pembelian, dan jumlah pembelian sehingga memperoleh hasil dari responden dengan kategori Sangat Baik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Diversifikasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil koefisien determinasi banyak dipengaruhi oleh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian dibandingkan variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.&nbsp;</p> Jean Siska, Indra Safri Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17149 Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Strategi Pemasaran One Stop Shopping Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Sukaramai Trade Center (STC) Pekanbaru https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17180 <p>Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Strategi pemasaran One stop shooping (X) Sebagai variabel bebas dan Kepuasan konsumen (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Strategi Pemasaran One Stop Shopping dalam meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Sukaramai Trade Center (STC) Pekanbaru. Tipe penelitian yang penulis gunakan adalah tipe penelitian asosiatif dan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 25. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah Konsumen/pengunjung Sukaramai Trade Center (STC) Pekanbaru yang berjumlah 100 responden. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan interview/wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, uji reliabilitas, Analisis regresi linier sederhana, Uji-t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Strategi Pemasaran One Stop Shopping berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen. Hasil koefisien determinasi nilai R square diperoleh 0,471 atau 47,1% yang berarti besar pengaruh Strategi Pemasaran One Stop Shopping terhadap Kepuasan konsumen sebesar 47,1%. Sedangkan sisanya di pengaruhi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.&nbsp;</p> Pirda, Moris Adidi Yogia Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17180 Tue, 14 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17262 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing terhadap minat beli konsumen pada toko sneakerspku9 di Jalan Cempaka, Padang Bulan, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dengan jumlah 100 sampel. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier sederhana, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan data menggunakan SPSS versi 22 dapat disimpulkan bahwa influencer marketing (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) pada toko sneakerspku9. Dengan nilai t-hitung 23,313 &gt; t-tabel 1,984 maka dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh influencer marketing (X) terhadap minat beli konsumen (Y) yang artinya semakin efektif influencer marketing yang diberikan oleh toko sneakerspku9 maka semakin tinggi pula minat beli konsumen. Dan koefisien determinasi atau r-square dengan nilai 0,847 artinya influencer marketing memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen pada toko sneakerspku9 sebesar 84,7% sedangkan sisanya 15,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.&nbsp;&nbsp;</p> Serly Marsha Putri, Rosmita Rosmita Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/17262 Mon, 27 May 2024 00:00:00 +0700