Analisis Pengaruh Social Digital Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Coffe Shop Di Pekanbaru
Keywords:
Social Media Marketing Instagram, Coffeshop, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen di coffe shop di Pekanbaru. Dengan meningkatnya penggunaan media sosial, Instagram telah menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan produk dan menarik perhatian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research, yang melibatkan pengumpulan dan analisis data dari berbagai literatur, artikel, dan penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan melalui Instagram, termasuk konten visual yang menarik, interaksi dengan pengguna, dan strategi pemasaran yang tepat, memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Konten yang menarik dan interaksi yang baik dapat meningkatkan minat beli dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian di coffee shop. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemilik coffee shop di Pekanbaru untuk memanfaatkan Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif dalam meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen
Downloads
References
Adjie Opa, S., & Astuti, M. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Word of Mouth Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Nwansa Coffee. Sugiyono, 7(2), 120.
Arrianda, A., Indrawati, H., & Isjoni, M. Y. R. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Beta Coffee Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7, 14028–14036.
Betharia, E., & Othman, L. (2024). Pengaruh Word of Mouth dan Digital Marketing (Media Sosial Instagram) Terhadap Minat Beli Ulang di RE Caffe Platinum Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(4), 9104–9116. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10529
Cahya, M. I. E., Astuti, I. Y., & Mahaputra, A. P. (2024). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi SK Coffee Lab Kota Kediri. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 4(12), 64–74.
Dalimunthe, U. R., & Komalasari, E. (2024). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee ( Survei Pada Toko Bening Kosmetik Pekanbaru ) The Influence of Online Customer Reviews on Purchasing Decisions at Shopee ( Survey at Bening Cosmetic Shop Pekanbaru ). Jurnal Administrasi Bisnis Dan Ilmu Sosial, 2, 1–12.
Doli, Y., Saragih, A., Wiana, D., Tarigan, J., & Sari, D. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2, 2003–2005.
Fauzia, S., & Mardatillah, A. (2024). Pengaruh Endorse Non Selebriti Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fashion Muslim Hikayat Collection Pekanbaru. Jurnal Administrasi Bisnis Dan Ilmu Sosial, 2(1), 17–29. https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/download/17041/6420
Halimah, Q., & Suharyati. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING , CITRA MEREK , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI. Jurnal Bina Bangs Ekonomi, 17(1), 63–69.
Kurniawan, M., & Fitriani, E. (2024). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP AWARENESS PADA FUELS COFFEE KOTA BANDUNG. 240–255.
Lindiani, L., Registiana, I., Fajrullah, F., & Noviyanti, I. (2024). Analisis Strategi Promosi Bisnis UMKM Coffee Shop Dengan Menggunakan Media Sosial. Jurnal Bintang Manajemen, 2(2), 75–93.
Lyna, L., & Ditiolebiet, H. (2021). Peranan Media Sosial Instagram, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Masker.Solopunya. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 84–89. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.206
Mailina, I. N., & Rosmita. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Madu Pada CV. Mutiara Madu Kuansing. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Dan Sosial, 113, 13–33.
Mardhatilla, J. (2019). Pengaruh Konten Instagram @Senemu.Coffee Terhadap Minat Beli Followers-Nya Di Kafe Senemu 2.1. Ilmu Komunikasi, 1–11.
Nafmira, N., Hasibuan, A. S., Tambunan, S. R., & Nasution, H. P. (2024). PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DAN TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE SHOP MAKECENTS Najla. Indonesian Journal of Economy and Education Economy, 02(03), 500–506.
Putri, A. H. (2022). Pengaruh Suasana Toko (Atmosphere Toko) Terhadap Pembelian Konsumen Di Swalayan Subur Jaya Desa Buatan Ii Kec. Koto Gasib. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Dan Sosial, 33(1), 1–12.
Salsabila, M., Putri, M. L., Sary, M. P., Safitri, D., & Prananingrum, E. N. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK POINT COFFEE INDOMARET MELALUI INSTAGRAM @ POINTCOFFEEID t. Jurnal Coomon, 8(1).
Shafwah, A. D., Fauzi, A., Andri, L., Caesar, Y., Octavia, A., Indrajaya, L., Endraswari, J. I., & Yulia, M. N. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare di E- Commerce Shopee ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). 5(3), 135–147.
Siangsari, D. J., & Rena, F. W. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Instagram dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Gartenhutte Mojokerto. Bisnis Dan Digital (JIMaKeBiDi), 1(2), 237–250.
Siska, J., & Safri, I. (2024). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada The Effect of Product Diversification on Purchasing Decisions at. Jurnal Administrasi Bisnis Dan Ilmu Sosial, 2(113), 59–71.
Tala, M., Premadi, K., & Saraswati, T. G. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Outskirts Cycling Di Jakarta The Impact Of Social Media Marketing Instagram On The Purchase Decision Of Outskirts Cycling In Jakarta. 11(1), 1121–1131.
Teguh Sugiharto, Nersiwad, & Kasnowo. (2022). Pengaruh Digital Marketing Instagram Dan Cafe Atmosphere Terhadap Minat Kunjungan Pada Cafe Gartenhutte Trawas-Mojokerto. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 3135–3142. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i11.2903
Utama, A. A., & Komalasari, E. (2023). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Emak CW di Kota Pekanbaru. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Dan Sosial, 1(1), 26–39. https://vt.tiktok.com/ZSeLbkGk1/
Utami, N., & Rosmita. (2024). Pengaruh Point of Purchase Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Effect of Point of Purchase on Purchasing Decisions of Clothing Products at PT Matahari Department Store Ska Pekanbaru. Jurnal Administrasi Bisnis Dan Ilmu Sosial, 2(113).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.