Pengaruh Brand Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Clarisa Clinic Jalan Rambutan Kota Pekanbaru
Keywords:
Brand Experience, Customer SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience terhadap customer satisfaction di Clarisa Clinic. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 95 responden yang merupakan konsumen yang telah menjalani perawatan di Clarisa Clinic minimal dua kali. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, di mana responden dipilih secara sengaja berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh responden, melakukan wawancara, dan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Experience (pengalaman merek) maupun Customer Satisfaction (kepuasan konsumen) dinilai sebagai "sangat setuju" oleh responden. Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen memiliki pandangan positif terhadap pengalaman mereka dengan merek Clarisa Clinic dan merasa puas dengan layanan yang diberikan. Analisis lebih lanjut memperkuat bahwa Brand Experience memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction di Clarisa Clinic. Hal ini sangat penting bagi Clarisa Clinic dalam meningkatkan brand experience yang positif sebagai strategi untuk mempengaruhi tingkat customer satisfaction.
Downloads
References
Bernadette, A. L. (2022, Oktober). Andil Perkosmi dalam Kemajuan Industri Kosmetik Tanah Air. POPMAMA.
Lubis, E. E. F. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI PIRING UNTUK MENINGKATKAN TAMBAHAN PENDAPATAN PADA IBU-IBU KELOMPOK MELATI PUTIH DALAM PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 120-126.
Lubis, E. F., & Indira, T. T. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AYAM PENYET CINDELARAS BAGAN BATU KABUPATEN ROKAN HILIR. PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 7(1), 1-9.
Lubis, E. F., Zubaidah, E., & Ramailis, N. W. (2022). Dinamika Pengembangan Wisata Halal Di Kota Pekanbaru. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 6(2), 297-309.
Lubis, E. F., & Zubaidah, E. (2021). Implementasi Program Kota Layak Anak (KLA) di Kota Pekanbaru. Jurnal El-Riyasah, 12(2), 252-267.
Lubis, E. F., & Zubaidah, E. (2020). Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Penanggulangan Kemiskinan. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial, 9(2), 88-99.
Harjadi, D., & Arranira, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Insania.
Hasibuan, L. (2022, November 4). Industri Kecantikan Tahan Krisis,Laris Manis Meski Pandemi. CNBN Indonesia.
Hutabarat, R. A., & Lubis, E. F. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Alfa Scorpii Yamaha Pematang Reba Kabupaten Indragiri Hulu. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(3), 1-11.
Kharisma, D., Simatupang, S., & Hutagalung, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Medan, Vol. 5.
Meldawati, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Strategi Pengembangan Wisata Halal Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Mita, R., & Lubis, E. F. (2020). Model alternatif kebijakan penyaluran dana fee alam di desa sungai ara kabupaten pelalawan provinsi riau. Jurnal kemunting, 1(2), 204-223.
Nadillah, A., & Lubis, E. F. (2020). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA SPA KHUSUS WANITA AURA PUTRI KERATON KOTA PEKANBARU. VALUTA, 6(2), 84-96.
Ramadhani, Z. K., Pujiastuti, E. E., & Utomo, H. J. N. (2019). Pengaruh Brand Experience dan Brand Trust Terhadap Brand Attacment Serta Brand Loyalty. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 17(1).
Steinberg, J. (2015). The SAGE Encyclopedia of ECONOMICS AND SOCIETY. SAGE Publication,Inc.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Kedua). ALFABETA.cv.
Wismiarsih, T., & Purnama, T. J. (2015). Behavioural Loyalty: Apakah dipengaruhi Brand Personality dan Brand Experience? Sebuah Studi pada Industri Kosmetik. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 13(3).
Wahyuni, S. I., & Lubis, E. F. (2020). Analisis disiplin kerja karyawan pada pt. Kharisma dayung utara pekanbaru. VALUTA, 6(1), 55-65.
Lubis, E. F., & Rosmayani, R. (2023). Pelatihan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Pembuatan Tas dari Tali Kur di Kelompok Mawar Kelurahan Kedungsari Kota Pekanbaru. JCOMENT (Journal of Community Empowerment), 4(2), 73-81.
Zubaidah, E., Lubis, E. F., Andry, H., & Khadijah, A. P. (2023). IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PADA LAYANAN RED ROSE DI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU. Jurnal Trias Politika, 7(1), 157-166.
Zubaidah, E., Nurmandi, A., Pribadi, U., Hidayati, M., & Lubis, E. F. (2022, March). The Factors Influencing the Community to Use E-Service in Pekanbaru City, Indonesia. In International Conference on Public Organization (ICONPO 2021) (pp. 310-318). Atlantis Press.
Zubaidah, E., & Lubis, E. F. (2021). Inovasi Layanan Aplikasi e-Samsat Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Provinsi Riau. Jurnal Niara, 14(2), 120-125.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.