Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyality Pada Pembelian Tas Di Elizabeth Pekanbaru

Authors

  • Jihan Fauziah Universitas Islam Riau
  • Indra Safri Universitas Islam Riau

Keywords:

Brand Image, Brand Loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui pengaruh dari Brand Image suatu produk terhadap Brand Loyalty konsumen pada pembelian tas wanita di toko Elizabeth yang terletak di kota Pekanbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen, dengan menggunakan survey asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa penyebaran kuisioner kepada 36 responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Sampling, dengan Teknik Isidental Sampling. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu penyebaran kuisioner, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menganalisis data secara deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel X yaitu Brand Image dengan indikatornya berupa pengenalan, reputasi, dan daya tarik. Mendapatkan hasil tanggapan dari responden dengan kategori setuju. Selanjutnya untuk variabel Y yaitu Brand Loyalty dengan indikatornya pengukuran perilaku, kesukaan brand, pengukuran komitmen. Mendapatkan hasil tanggapan dari responden dengan kategori setuju. Hasil dari Uji-T pada penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image dari suatu produk mempengaruhi secara signifikan pada Brand loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jihan Fauziah, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Indra Safri, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

References

Alvin Aprian, Bernadus dan Hidayat,Adrian.2018. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Snack Coklay Tobelo Pada PT. Bumi Tnggerang Coklat Utama. eCo-Buss, Volume 1, Nomor 1, Agustus 2018.

Agung, S.R., & Rini,M.D.2019. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyalty Pada Pembelian Online Di Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis, 25(2), 189-200.

Caroline, O., & Karina R.2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Pada Merek Imaparts. Jurnal EMBA, 5(2), 145-154.

Chinomona, R. 2016. Brand Comunication, Brand Image and Brand Trust as Antencedents of Brand Loyalty in Gauteng Provice of South Africa. African Journal of Economic And Managenet Studies. Vol 7, No. 1.

David A. Aaker. 2020. Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta : Mitra Utama.

David A. Aaker. 1991. Managing Brand Equity : Capitalizing On The Value Of a Brand name. new York : The Free Press.

Eli Ahmad Mahiri. 2020. Pengaruh Brand Image dan Atmosfer Store Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 11.

Fahmi, Irham. 2019. Pengatar Ilmu Administrasi Bisnis, Bandung : Alfabeta.

Farrinandewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Febriani, R., & Yuniarti, T.2018. Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Jaringan Minimarket Alfamart Di Kota Semarang. Jurnal administrasi. 24(1), 43-52

Kotler. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi 10, PT Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gerry Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 jilid 1, PT Indeks. Jakarta.

Kotler and Keller. 2012. Marketing management. Edisi 14. Global Edition Percon Prentice Hall.

Kotler dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. PT Indeks. Jakarta.

Heriyanto, M., Safri, I., & Fauzi, M. Y. (2023). SOCIO-ECONOMIC AND ABRATION STUDY IN RANGSANG ISLAND, MERANTI REGENCY. Indonesian Journal of Social Sciences, Policy and Politics, 1(1), 117-122.

Harry Christyawan. 2020 . Peningkatan Brand Satisfaction dan Brand Trust Berbasis Brand Value terhadap Brand Loyalty. Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol 19, Nomor 2, September 2020.

Mabkhof, Hashed. 2017. The Influence Of Brand Image And Brand Personality On Brand Loyalty, Mediating by Brand Trust : An Empirical Study.

Marheni Eka Saputri. 2014. Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi. Volume 13, Nomor 3, Desember 2014.

Nopriani Astuti. 2016. Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Merek Pada Konsumen. Jurnal psikoborneo. Vol 4, Nomor 3, 2016.

Risda Seftiani. 2014. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Brand Reference dan Implikasinya Terhadap Minat Loyalitas. Semarang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta.

Setiadi, Edi. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sardin. 2014. Konsep Populasi dan Sampling serta Perhitungan Varians. Surabaya: Tanpa Penerbit.

Tjiptono Fandy. 2019. Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakrta. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-08-26

Issue

Section

Articles