Pengaruh Point of Purchase Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian di PT. Matahari Departement Store Ska Pekanbaru
Keywords:
Point of Purchase, Keputusan PembelianAbstract
Keputusan pembelian ialah variabel dependen (Y) dalam studi ini, dan point of purchase ialah variabel independen (X). Studi ini bertujuan mengetahui bagaimana keputusan pembelian dipengaruhi oleh point of purchase. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tempat pembelian dengan keputusan pembelian produk pakaian di PT Matahari Department Store Ska Pekanbaru. Data primer untuk penelitian ini diakumulasikan dengan kuesioner. Untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel tersebut, digunakan perangkat lunak SPSS yang dilengkapi dengan regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan regresi linier sederhana, hasilnya adalah Y = 23,981 + 0,743 X, yang menunjukkan adanya pengaruh positif dari Point of Purchase (X) terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, hasil uji t sebesar 3.217 dengan tingkat signifikansi 0,000 menghasilkan t tabel sebesar 1,98580, yang menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (3.217 > 1,98580). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Terdapat nilai koefisien determinasi sebesar 23,2%, atau 0,316. Hal ini menunjukkan bahwa 76,8% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lain, dan 23,2% keputusan dipengaruhi oleh point of purchase.
Downloads
References
Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran.Jakarta:Rajawali Pers.
Firmansyah, Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarga: Deepublish.
Handrian, E., & Putri, K. C. (2021). ANALISIS PELATIHAN KETERAMPILAN BAGI PENCARI KERJA DI PROVINSI RIAU. JURNAL KEMUNTING, 2(02), 500-514.
Handrian, E., Rosmita, R., & Suriani, L. (2023). Inclusive Development for Marginal Group Street Trader in Tembilahan Indragiri Hilir District. Jurnal Administrasi Publik, 14(1).
Handrian, E., Rosmita, R., Suriani, L., & Kartius, K. (2022). Reformasi Badan Usaha Milik Desa Kesumbo Sejahtera di Desa Kesumbo Ampai Kabupaten Bengkalis. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 231-237.
Handrian, E., Rosmita, R., & Khan, M. C. (2021). Model Inkremental: Evaluasi Program Peningkatan Kesempatan Kerja di Provinsi Riau. JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 9(1), 1-12.
Hutasoit, M. Y., & Rosmita, R. (2023). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Pengiriman Barang Pada CV Cipta Karya Sarana. SYNERGY: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2), 45-51.
Idham, R. (2022). Pemberdayaan masyarakat suku talang mamak dalam budidaya madu kelulut di kawasan taman nasional bukit tiga puluh indragiri hulu. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 6(1), 85-102.
Ita, R., & Hidayati, N. A. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap membangun minat berwirausaha mahasiswa (studi kasus mahasiswa Universitas Islam Riau). VALUTA, 8(1), 53-67.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.Jakarta:Erlangga
Latif, S. A., Herman, H. H., & Rosmita, R. (2022). Pemberdayaan Ideal Pada Masyarakat Sekitar Hutan Melalui Tanaman Kehidupan di Desa Sungai Ara Kabupaten Pelalawan. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 7(2), 126-144.
Limakrisna, Nandan.2012. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Mailina, I. N., & Rosmita, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Madu Pada CV. Mutiara Madu Kuansing. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(2), 13-33.
Mita, R., & Lubis, E. F. (2020). Model alternatif kebijakan penyaluran dana fee alam di desa sungai ara kabupaten pelalawan provinsi riau. Jurnal kemunting, 1(2), 204-223.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90.
Nasrullah, Z., & Syamsudin, D. (2018). Pengaruh Point Of Purchase Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian di Assalam Hypermarket Pebelan Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Novarianto, A. F., Kurniawan, F., Ruliana, P., & Irwansyah, I. (2019). Pengaruh Point of Purchase Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana di Carrefour Tamini Square. Communicare: Journal of Communication Studies, 6(1), 73-86.
Nyken Widyastuti dan Retno Tanding Suryandari. (2004). Pengaruh Point Of Purchase (POP) Dalam Perilaku Pembelian Konsumen Ritel. Journal of Fokus Manajerial Vol. 2 pp. 138-149.
Phillip Kotler & Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi ke-13 jilid 1. Jakarta:Erlangga 2008.
Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Putra, S., Ranidiah, F., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Point of Purchase (Pop) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di Pt. Matahari Department Store Kota Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 192-204.
Rosmita, R., & Herman, H. (2020). Pelaksanaan Otonomi Daerah Terhadap Pembangunan Masyarakat Di Kabupaten Indragiri Hulu. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 64-76.
Rosmita, R., Surianti, L., Herman, H., & Adera, A. T. (2024). Strategi Pengembangan Usaha UMKM Kuliner Di Kota Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 4254-4264.
Rosmita, R., Suriani, L., Handrian, E., Herman, H., & Jamalullail, M. (2024). Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Ibu PKK Melalui Penerapan Digital. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 5(1), 41-47.
Terence A. Shimp. Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu, Edisi ke-5 jilid 1. Jakarta: Erlangga 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.