Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Aurel Pematang Reba

Authors

  • Jean Siska Universitas Islam Riau
  • Indra Safri Universitas Islam Riau

Keywords:

Diversifikasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Aurel Pematang Reba. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey deskriptif dengan metode kuantitatif dan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk dengan indikator variasi merek produk, variasi kelengkapan jenis produk, variasi ukuran produk, dan variasi kualitas produk sehingga memperoleh hasil dari responden dengan kategori Baik. Sedangkan untuk variabel keputusan pembelian dengan indikator pemilihan produk, pemilihan merek produk, waktu pembelian, dan jumlah pembelian sehingga memperoleh hasil dari responden dengan kategori Sangat Baik. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa Diversifikasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil koefisien determinasi banyak dipengaruhi oleh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian dibandingkan variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jean Siska, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Indra Safri, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

References

Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2019).Buku Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif. Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu.Manajemen dan Kewirausahaan, 7(3), 54-66. Amir, Taufiq.(2005). Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Anwar, I., & Satrio, B. (2015).Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12). Assauri, Sopyan. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Dakhi, Y., Dakhi, P., & Sarumaha, Y. M. (2020). Analisis Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Paguyuban Bakery And Cake Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 5(1). ISO 690 Fandiyanto, R., & Prianto, F. W. (2021). Pengaruh Keragaman Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Rusdi Widoro Payung. Growth, 19(2), 177-188. Fauzi, J. W. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Sedap Bakat Di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau) Fidela, G. (2021). Pengaruh Keragaman Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nadhira Napoleon Pekanbaru (survei Pada Konsumen Toko Oleh Oleh Nadhira Napoleon Outlet Pusat Jendral Sudirman) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Gunawan, A. (2018). Pengaruh Diversifikasi Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Beras (Studi Kasus Ud. Herijaya). Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020).Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Hermawan, L. (2015). Dilema diversifikasi produk: meningkatkan pendapatan atau menimbulkan kanibalisme produk?. Competence: Journal of Management Studies, 9(2). ISO 690 Indrasari, M. (2019).Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.unitomo press. Kamaluddin, I. H. A., & Patta Rapanna, S. E. (2017).Administrasi Bisnis (Vol. 1). Sah Media. Kanjaya, Meshvara & Susilo, Y. (2010).Retail Rules. Jakarta: Erlangga Kotler, P & Keller, K. L. (2008).Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga Kotler, P & Keller, K. L. (2009).Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(4), 73-82. Mangkunegara, A, P,.(2009). PerilakuKonsumen. Bandung: PT. Rafika Aditama Paramita, R. W. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi 1. Pratama, M., & Prastio, R. (2022). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Martabak Trendys Di Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Rakhman, K. G., & Nugraha, H. S. (2016).Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Biore Men Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 542-550. Rosdiana, E., Suharno, H., & Kulsum, U. (2018).Pengaruh harga, keanekaragaman produk, dan minat beli terhadap keputusan pembelian pada toko online shopee. Ekonomi Bisnis, 24(2), 13-23. Rosmita, R., & Andella, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bolu Kemojo Gerai Aurel Mandiri Kabupaten Kuantan Singingi. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(1), 14-25. Schiffman, Leon & Kanuk.(2009). Perilaku Konsumen Edisi Ke-Tujuh. Jakarta Barat: PT. indeks Sopian,& Syihabuddin. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Yogyakarta Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta Sutrisno, R. I., & Darmawan, D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), 2(1), 1-12. Sylvya, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rizquna Mart KM. 55 Desa Sawit Permai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Tjiptono, F. (2015).Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: ANDI OFFSET Utama, A. A., & Komalasari, E. (2023).Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Emak CW di Kota Pekanbaru. JIABIS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial, 1(1), 26-39. Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel Edisi 2: Strategi Dan Inplementasi Operasional Bisnis Retail Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat Wahyudi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. VALUTA, 7(2), 82-91. Wijaya, Y. E., & Karneli, O. (2017).Pengaruh diversifikasi produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Metropolitan City Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University). Zulkifli, dkk.(2013). Buku Pedoman Penulisan Skripsi Dan Kertas Kerja Mahasiswa. Pekanbaru: Badan Penerbit FISIPOL UIR Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-159

Downloads

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles