Pengaruh Endorse Non Selebriti Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fashion Muslim Hikayat Collection Pekanbaru

Authors

  • Sifa Fauzia Universitas Islam Riau
  • Annisa Mardatillah Universitas Islam Riau

Keywords:

Endorse Non Selebriti, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh endorse non selebriti dan brand image terhadap eputusan pembelian fashion muslim hikayat collection. Tipe penelitian menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen di Hikayat Collection sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dan positif terhadap eputusan pembelian. Hasil uji f menunjukkan bahwa endorse non selebriti dan brand image secara bersama-sama mempengaruhi eputusan pembelian. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sifa Fauzia, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Annisa Mardatillah, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

References

Aaker dan Biel. 1993. Brand Equity and Advertising : Advertising’s Role in Building Strong Brand. Aeker, D and Keller.,2000. Brand Utility, Telaah Manajemen, Vol 1, Edisi 2, 2004, Semarang. A, C. G. & S. (2019). Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybeline di Kota Padang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Amalia Hasanah, & Komalasari, E. (2021). Analisis Citra Merek (Brand Image) Pada Kfc Cabang Sudirman Pekanbaru. Valuta, 7(1), 37–45. Amirullah dan Budiono Haris. (2004). Pengantar Manajemen (Cetakan Ke). Yogyakarta: Graha Ilmu. Badan Pusat Statistik (2020). Statistik e-Commerce 2019. B.K.J., Parmar & R.p., P. (2015). Fame Versus No Name : Gauging The Impact of Celebrities and Non-Celebrities Endorsment on Purchase. African Journal of Business Management, 9(4), 127–133. B, S. (n.d.). Pengantar Manajemen. PT. Bumi Aksara. Cahya, Fadlilah Mutia, Ida Aryati Dyah Putnomo Wulan, dan Ratna Damayanti. "Analisis Celebrity Endorsment, Variasi Produk, Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani." Jurnal Ilmu Manajemen 9.1 (2019): 88-98. DinarStandard (2018). State of the Global Islamic Economy Report. Driving The Islamic Economy Revolution 4.0. idEA (2017). Studi e-Commerce 2016. Karyoto. 2016. Dasar-Dasar Manajemen, Yogyakarta: CV Andi Offset Kementerian PPN/Bappenas (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2014 Hasil Kajian Analisis Ekonomi Syariah di Indonesia. Kotler, P., K.L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga. Kalangi, Natalia Junni, Lucky F. Tamengkel, dan Olivia FC Walangitan. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 8.1 (2019): 44-54. Pramono, F., & Mardatillah, A. (2022). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian di Smile With Vegas Pekanbaru. SYNERGY: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(2), 70-76. Rachma, N., dan Siti Asiyah. “Pengaruh Celebrity Endorse, Gaya Hidup, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Brand Elzatta Hijab (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2016-2018).” E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen 9.11 (2020). Ramadhani, Ira, dan Prameswara Samofa Nadya. “Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian Fesyen Muslim Hijup.” Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) 1.1 (2021). S. Eko Putro, W. (2012). Teknik Penyusunan Intrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Sarinah dan Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen. Deepublish Publisher. Schiffman, Le on G. And Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior. Fifth Edition, Prentice-Hall Inc. New Jersey Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia. Siagian, Sondang. 2003. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supriyadi, Supriyadi, Wahyu Wiyani, and Ginanjar Indra Kusuma Nugraha. "Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian." Jurnal bisnis dan manajemen 4.1 (2017). Sabunwala, Z. (2013). Impact of Celebrity Brand Endorsement on Brand Image and Product Purchases. A Studiy for Pune Region of India. International Journal of Research in Business Management. 1(6): h: 37-42 Tanjung, Steffi, dan Herry Hudrasyah. “Pengaruh kredibilitas celebrity endorser dan non-selebriti dalam iklan terhadap sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek, dan niat membeli.” Konferensi Internasional tentang Etika Bisnis, Ekonomi, dan Ilmu Sosial . 2016. Tjiptono, F. (2011). Strategi Bisnis Pemasaran. Jogjakarta: Andi. Wei.Pei-ShandanLu.Hsi-Peng. AnExaminationpfTheCelebrityEndorsement and Online Customer Reviews Influence Female Cunsumers Shopping Behavior. Computer in human behaviout. (2013). Vega, N., & Mardatillah, A. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Merek Produk Lipstik Wardah Pada Global Kosmetik Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Synergy: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(2), 38-44.

Downloads

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles