Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada De Klapper Pie Kota Pekanbaru

Authors

  • Sani Sahuri Rambe Universitas Islam Riau

Keywords:

Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen, De Klapper Pie Pekanbaru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pentingnya memberikan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada De Klapper Pie (Survei Cabang Jl. Sumatera Kota Pekanbaru). Tipe penelitian menggunakan tipe penelitian tipe penelitian survei deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif karena peneliti mendapatkan data dengan menganalisa data dan dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data dengan cara melakukan pengamatan ditempat penelitian. Pentingnya kualitas produk karena kualitas dari De Klapper Pie Cabang Jl. Sumatera Kota Pekanbaru mempengaruhi kepuasan dari pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dilihat dari tujuh indikator yaitu rasa, kemampuan, tekstur, kandungan gizi, daya penarik lewat ketajaman mata, daya penarik lewat bau harum dan suhu. Sedangkan loyalitas konsumen dilihat dari dua indikator yaitu kualitas yang diharapkan dan kualitas yang dirasakan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan De Klapper Pie Cabang Jl. Delima Kota Pekanbaru sebanyak 100 pelanggan dengan menggunakan Rumus Slovin. Hasil uji validitas instrumen menunjukkan bahwa r hitung ≥ r tabel artinya semua pernyataan item valid dan reliabilitas di atas 0,60 yang berarti reliabel. Jika dilihat berdasarkan uji t, menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah (6,189) ≥ t tabel (1,984) sig (0,000) ≤ 0,1. Ini menunjukkan bahwa kualitas produk sebagian dipengaruhi loyalitas konsumen. Kemudian, koefisien determinasi (R2) adalah 0,663 atau dibulatkan 66,3% dari kualitas produk pada loyalitas konsumen, sedangkan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sani Sahuri Rambe, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

References

Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran Analisis. Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta. A.W Marsum. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi. Chang, N. J., & Fong, C. M., Osburg, V. S., Strack, M., Toporowski, W., Roberts, J. a. J. a., Straughan, R. D., & Roberts, J. a. J. a. (2016). Green product quality, green corporate image, green customer satisfaction, and green customer loyalty. African. Journal of Business Management, 4(13)(13), 2836–2844. Cooper, D.R. dan P.S. Schinders. 2006. Metode Riset Bisnis. Jilid 1 Alih Bahasa oleh Budijanto. Didik Djunaedi. Dam Os Sihombing. Media Global Edukasi. Jakarta. Doyle, C. 2013. Kamus Pemasaran. Indeks. Jakarta Fajar, L. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi pertama. Yogjakarta, Graha Ilmu. Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.Bandung. Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta. Griffin, J. (2016). Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan. Pelanggan, Terj. Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga. Indriantoro, Nur dan Bambang Supormo, (200), “Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akutansi Dan Manajemen”. BPEE-Yogyakarta. Yogyakarta Kartasapoetra, G dam Marsetyo, 2010. Ilmu Gizi: Korelasi Gizi, Kesehatan dan Produktivitas kerja. Jakarta Kotler, Phiplip & Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. Edisi 14. Horizon Edition. Pearson. Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, (2008), “Manajemen Pemasaran”, Edisi 13, Jilid 1, PT. Gelora Aksara, Jakarta. Kusumaningrum, F. A. (2019). Kebersyukuran dan kesejahtraan subjektif pada guru sekolah luar biasa Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2002. Perilaku konsumen dan strategi pemasarann. Terjemahan. Jakarta: Erlangga. Raphel, S. dkk. 2007. Winning Customer Loyality: Panduan Lengkap Untuk Meraih Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa oleh Aloysius Prasetyo Adi Saputro. PT. Gramedia Pustka Utama. Jakarta Sugiyono, S. 2005. Metode Penelitian Administasi. Alfabeta. Bandung. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet. Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta : Gramedia. Yusuf, A. Muri. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenamedia Tunggal, A. W. 2008. Customer Relationship Management. Harvando. Jakarta Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan (Edisi Revisi dan Terbaru). Jakarta: Erlangga. Andryanto, H., Saryadi, S., & Widayanto, W. (2013). “PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP LOYALITAS MEREK DIUKUR MELALUI LOYALITAS KONSUMEN “ (Studi Kasus Pada Yamaha Mio Semarang Club). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(4), 94–106. Ali, F., Kim, W. G., Li, J., & Jeon, H. M. (2018). Make it delightful: Customers’ experience, satisfaction and loyalty in Malaysian theme parks. Journal of Destination Marketing and Management, 7, 1–11. Apriliana, V., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal cabang Banyumanik). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 571– 581. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28829 Ariadi Yudha Nugroho, R. H. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Members Game Center Skyland Kota Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 7(4), 1–7. Chasanah, U. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Waroeng Pisa Purwokerto, Banyumas. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), i–100. Damayanti. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi” di Kecamatan Genuk Semarang). Skripsi, 106. Febriana, A., Yusnita, R. T., & Tasikmalaya, U. P. (2021). KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI MULTI LEVEL MARKETING ( MLM ) DENGAN MODEL TUPPERWARE PARTY ( survei pada member dan konsumen Tupperware di Kota Tasikmalaya ) Di era globalisasi seperti sekarang ini , manusia dituntut untuk melakukan segala hal dengan serba. 2(2), 154–166. Felicia, N. (2020). Studi Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas konsumen PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) untuk Kategori Produk Food. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 54. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i1.6799 Hanyani, T., & Fadillah, A. (2013). Pengaruh Kualitas dan Diferensiasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), 237–246. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i3.272 Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46. Herman, H., Kartius, K., Abdullah, S., & Hasibuan, C. R. (2024). Collaborative GovernanceIn Overcoming Unemployment in Bengkalis Regency, Riau Province. PERSPEKTIF, 13(1), 164-173. Herman, H., & Purnomo, D. (2022). Efektivitas Pendistribusian Zakat Oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak. JDKP Jurnal Desentralisasi dan Kebijakan Publik, 3(2), 430-437. Hidayat, A. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Member PT.Melia Sehat Sejahtera di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ). 1, 105–112. Irnawanto, R., Ady, S. U., Ekonomi, F., & Soetomo, U. (n.d.). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Dan Kualitas Pelayan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Loyalitas konsumen Sebagai Intervening Pada Minimarket Alfamart Di Surabaya. 3, 300–315. Darwin Kadarisman. Penerbitan, Bogor : Ipbress, 2006. Deskripsi Fisik, 252 hlm. ;23 cm. ISBN, 979-439-120-9. Catatan, Bibliografi hlm.,251-252. Kartikasari, Y., Prihatini, A. E., & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 236–242. Kusumasasti, I., & Hadiwidjojo, A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. EKOBIS (Ekonomi Bisnis), 22(2), 123–129. Lens, S., Dslr, R., & Kota, D. I. (2014). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan kamera canon digital single lens reflex (dslr) di kota denpasar. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 03(05), 1311–1319. Maulana, A., Adam, R. P., & Parubak, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Es Mahkota Di Kota PaluF (Studi Pada Pelanggan Es Mahkota). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 3(1), 87–92. https://doi.org/10.22487/jimut.v3i1.75 Nengsih, I. A. (2019). Strategi Pelayanan Izin Praktek Doketer Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 3(2). Nuraplina, P., & Herman, H. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Peraturan Daerah Indragiri Hulu Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Maghrib Mengaji Kebijakan Kota Layak Anak Di Desa Air Molek Ii Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu). PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(2), 299-318. Nurendah, Y., & Mulyana, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 93–112. https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i1.258 Puspita, R., Yunus, M., & Sulaiman. (2017). Loyalitas Pelanggan Telepon Selular ( Studi Kasus Pada Pengguna Samsung Di Kota Banda Aceh ). Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, 1(1), 46–58. http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/JMM/article/view/9006 Sari, H. V. P., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening (studi pada konsumen biskuit oreo di carrefour surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1–9. Siregar, (2015). Metode Penelitian Kuantitaif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-01-03

Issue

Section

Articles