Pengaruh Saluran Distribusi (Sub Agen dan Pangkalan) Terhadap Volume Penjualan Barang NSPO Pada PT. Indah Pusaka Mandiri (IPM) Dumai

Authors

  • Anugrah Agusriadi Universitas Islam Riau

Keywords:

Saluran Distribusi, Volume Penjualan

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu saluran distribusi sebagai variabel bebas (X) dan volume penjualan sebagai variabel terikat (Y). penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh saluran distribusi sub agen dan pangkalan terhadap volume penjualan barang NPSO pada PT. indah pusaka mandiri (IPM) Dumai. Data yang digunakan oleh penelitian adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari saluran distribusi subagen dan pangkalan terhadap volume penjualan pada PT. Indah Pusaka Mandiri. Untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut digunakan uji regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji T) dengan menggunakan SPSS 23. Berdasarkan analisis dengan menggunakan metode statistik regresi linear sederhana Y = 1.343 + 0.848 + 0 yang menunjukkan pengaruh saluran distribusi (X) terhadap volue penjualan (Y) adalah positif. Selanjutnya hasil pengujian koefisien korelasi menunjukkan nilai korelasi dari kedua variabel yaitu saluran distribusi (X) dan volume penjualan (Y) 0,824 dengan arah hubungan yang positif dan dalam tingkat hubungan sangat kuat serta signifikan. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis, uji T sebesar 7.710 dengan sig 0,000. Diperoleh t tabel sebesar 2,048 dengan kata lain T hitung lebih besar dari T tabel (7.710 > 2.048). Jadi dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat diartikan bahwa saluran distribusi berpengaruh terhadap volume penjualan atau terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara saluran distribusi terhadap volume penjualan barang NPSO PT. Indah Pusaka Mandiri (IPM) Dumai. Besarnya koefisien determinasi adalah 0,680 (68%) yang artinya saluran distribusi memberikan pengaruh sebesar 68% terhadap volume penjualan dan 32% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anugrah Agusriadi, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,

References

Abubakar, R. (2022). Manajemen Pemasaran (S. Mahdi (ed.)). ALFABETA.

Adnan, I. M., & Hamim, S. (2013). Administrasi ORganisasi dan Manajemen: Suatu Ilmu, Teori, Konsep dan Aplikasi (I. M. Adnan & S. Hamim (ed.)). Trussmedia Grafika. https://repository.uir.ac.id/5652/.

Agustina, A., & Sunrowiyati, S. (2018). Analisis Faktor Kualitas Produk dan Harga guna Meningkatkan Volume Penjualan pada Usaha Genteng UD Super Blitar. Jurnal Manajemen, 8(1), 20–41. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/437.

Firmansyah, A., & Mahardhika, B. W. (2018). PENGANTAR MANAJEMEN (A. Firmansyah & B. W. Mahardhika (ed.)). DEEPUBLISH. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/329587470_PENGANTAR_MANAJEMEN/links/5c2464ba299bf12be39c2b69/PENGANTAR-MANAJEMEN.pdf.

Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayanti, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R., & Hilal, N. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN (Dasar & Konsep). In Hartini (Ed.), Manajemen Pemasaran: Dasar dan Konsep (Nomor June). MEDIA SAINS INDONESIA. Kasman, H. (2015). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Lafonte Pada PT Bentoro Adisandi Ivena Pekanbaru. Jurnal Iilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(September), 1–6.

Lubis, E. F., & Indira, T. T. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA AYAM PENYET CINDELARAS BAGAN BATU KABUPATEN ROKAN HILIR. PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 7(1), 1-9.

Maisaroh, S., & Danuri. (2021). ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN. In Prayitno (Ed.), CV. Tunas Gemilang Press. Tunas Gemilang Press. http://repository.upy.ac.id/2756/.

Mulyadi, & Winarso, W. (2020). PENGANTAR MANAJEMEN (Mulyadi & W. Winarso (ed.)). Pena Persada Redaksi. http://repository.ubharajaya.ac.id/8002/.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. In P. C. A. S.Si. (Ed.), Cv. Wade Group. CV. WADE GROUP. http://eprints.umpo.ac.id/2851/3/Layout Statistik.pdf.

Putra, F. D. (2019). Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-Badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 462. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20127.

Putri, B. R. T. (2017). MANAJEMEN PEMASARAN. In B. R. T. Putri (Ed.), Kewirausahaan dan Agribisnis di Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Kewirausahaan dan Agribisnis di Fakultas Peternakan Universitas Udayana. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Riduwan, & Sunarto. (2011). Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta.

Sari, R. K. (2018). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Shampoo Pantene Pada PT Borwita Citra Prima Depo Situbondo. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH (JEBG), 16(1), 29–36.

Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN (M. Suardi (ed.); Cetakan I). Samudra Biru (Anggota IKAPI). http://repository.unmuhjember.ac.id/1

Setianingsih, A., Latifah, A., Ningrum, D. S., Pebriani, D., Ningtias, P. A., & Mardi, R. (2019). PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN: Studi Kasus pada PT Sinar Sosro Cabang Rancaekek Bandung. Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), 201–214. 2398/1/Dasar-dasar Manajemen Pemasaran.pdf https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.497.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenadamedia Group. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabet. Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Sunyoto, D. (2011). ANALISIS REGRESI DAN UJI HIPOTESIS (K. Alamsyah (ed.); Cetakan Pe). CAPS.

Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen pemasaran (Edisi 1, C). In Media.

Thamrin, A., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran (Cetakan ke). PT RajaGrafindo Persada.

Tjia, H. S., Suharno, S., & Kadafi, M. A. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian. Kinerja, 14(2), 92. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i2.2484 Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran (F. Tjiptono (ed.)). CV. ANDI OFFSET.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles