Strategi Dan Peran Bea Cukai Dalam Menangani Penyelundupan Barang Ilegal Di Kabupaten Bengkalis (Studi Kasus Penyelundupan Barang Malaysia-Bengkalis)

Authors

  • Riky Novarizal Universitas Islam Riau
  • Muhammad Anil Kumara Universitas Islam Riau

Keywords:

Strategi, Bea Cukai, Penyelundupan, Barang Ilegal

Abstract

Penyelundupan barang ilegal adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan membawa barang secara sembunyi dan melanggar ketentuan hukum, penyelundupan tersebut dapat dilakukan pada wilayah-wilayah tertentu bahkan melibatkan antar negara serta tentunya melanggar aturan yang telah dianut oleh suatu negara. Menanggapi adanya hal tersebut maka Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Bengkalis menjalankan peranan melakukan Upaya-upaya pencegahan untuk melakukan penekanan dan memperkecil terjadinya peluang untuk terjadinya penyelundupan barang ilegal. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif yang menghasilkan temuan kemudian dilakukan analisa teori strategi pencegahan kejahatan yaitu pencegahan primer berupa penerapan setiap landasan aturan hukum mengenai kepabeanan dan cukai, pencegahan sekunder berupa upaya pengawasan, kontrol terhadap kawasan yang dinilai rentan untuk terjadi penyelundupan, dan pencegahan tersier yang dilakukan untuk mencegah pengulangan kejahatan yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riky Novarizal, Universitas Islam Riau

Program Studi Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Muhammad Anil Kumara, Universitas Islam Riau

Program Studi Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

References

Arief. 2020. Kapita Selekta Metodologi Penelitian. Pasuruan Jawa Timur: CV.Penerbit Qiara Media.

Darawerti, Feryra Pezilia. 2015 Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penyelundupan Barang Impor. Fakultas hukum dan komunikasi universitas katolik soegijapranata.

Dermawan, Kemal. 2013. Strategi Pencegahan Kejahatan. Jakarta : Departemen Fisip UI Effendy. 2006. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Efendi, Usman. 2006. Psikologi Konsumen. Jakarta : Rajawali Pers.

Fatin, Cyra Adra Fairuz. 2020. Strategi Bea Cukai Juanda Dalam Memberantas Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional. Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

Latief, S. A., Usmita, F., & Novarizal, R. (2017). Trends Kriminal Di Pekanbaru 2012-2016. Sisi Lain Realita, 2(1), 01-19.

Muhammad. 2020. Pertanggung Jawaban Pidana Pelaku Perdagangan Barang Hasil Penyelundupan. Universitas Airlangga.

Satori, Djam’an. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta Soerjono.

Soekanto, 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Depok : PT. Rajagrafindo Persada Sudibyo. 2013. Buku Ajar Metodologi Riset. Jakarta : Trans Info

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Bagong & Sutinah. 2005 Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Prenadamedia Group.

Tiara. 2011. Tinjauan Kriminologis Terhadap Penyelundupan Pakaian Bekas Secara Ilegal. Universitas Hasanudin Makassar.

Downloads

Published

2023-07-13

Issue

Section

Articles