Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Impulse Buying Pada Home Industry Pradevi Cake And Cookies Di Kabupaten Kepulauan Meranti

Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Impulse Buying Pada Home Industry Pradevi Cake And Cookies Di Kabupaten Kepulauan Meranti

Authors

  • Salsa Wulandari Universitas Islam Riau
  • Eka Komalasari Universitas Islam Riau

Keywords:

Kemasan Produk, Impulse buying, Home Indutry

Abstract

Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Kemasan Produk sebagai variabel bebas (X) dan Impulse buying sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemasan produk terhadap impulse buying pada Home industry Pradevi Cake and Cookies di Kabupaten Kepulauan Meranti. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari kemasan produk terhadap impulse buying pada Home industry Pradevi Cake And Cookies Di Kabupaten Kepulauan Meranti. untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut pada penelitian ini digunakan indikator dari variabel kemasan kemasan produk yaitu bahan, logo dan label, warna, ukuran dan daya tarik desain kemasan. Kemudian indikator pada variabel impulse buying yaitu membeli secara tiba-tiba dan membeli tanpa direncanakan. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Kemudian teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji T), uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan SPSS V21. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode statistik regresi linear sederhana Y = 14,717 + 0,174X menunjukkan bahwa pengaruh kemasan produk(X) terhadap impulse buying (Y) adalah positif. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis uji T sebesar 1,984 dengan signifikansi 0,000. Diperoleh ttabel sebesar 1,689 yang berarti thitung > ttabel (3,590 > 1,689). Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan kata lain variabel bebas (X) secara parsial berpengaruh terhadap variabel terikat (Y). Dan pada uji koefisien determinasi (R2) disimpulkan bahwa R2 sebesar 0,121 atau 12,1%. Artinya variabel kemasan produk mempengaruhi keputusan pembelian impulsif pada Home industry Pradevi Cake And Cookies Di Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar 12,1% dan 87,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Salsa Wulandari, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

Eka Komalasari, Universitas Islam Riau

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Adiputra, Eka. 2015. “Perilaku Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) Di Pusat Perbenjaan Modern Di Surabaya.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 1(2).

Adithya, Fajar. 2019. “PENGARUH DESAIN KEMASAN (PACKAGING) DAN HARGA PRODUK SEBAGAI STIMULUS IMPULSIVE BUYING (Studi Kasus Pada Komunitas Muslim Kelurahan Jatisari Yang Pernah Berbelanja Di Indomart Mijen) Fajar.” 9(2): 39–53.

Adnri, Kurniawan; Herman, Novia, Monica. 2023. “Pelaksanaan Strategi Pengembangan Program Wisata Bono Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Pelalawan.” Jiabis: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis dan Sosial 12: 43–53.

Firmansyah, M. Anang. 2019. “Buku Pemasaran Produk Dan Merek.” Buku Pemasaran Produk dan Merek (August): 336.

Fitri Lubis, Ema; Herman;, and Tirza Tantri Indira. 2023. “The Influence of Store Atmosphere on Customer Satisfaction Toward ‘Penyet Chicken’ Cindelaras Bagan Batu, Rokan Hilir Regency.” Jurnal PubBis 7(1): 1.

Herman;, Lilis; Suriani, Wesinah Gultom, Elfa, and B; R. 2023. “Efektivitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada PT . Indah Kiat Pulp and Paper Tbk Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.” 04(01): 118–33.

Herudiansyah, Gumar, Mister Candera, and Reza Pahlevi. 2019. “Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir.” Suluh Abdi 1(2): 84–89.

Rohman, Fatchur. 2012. Peran Faktor SITUASIONAL Dan Perilaku Pembelian IMPULSIF. Malang: UB Press. Sugiama,

A. Gima, and Emmanuel Febiano Sigit Bayu Pambudy. 2017. “Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga Dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara Di Kartika Sari Bandung).” Jurnal Manajemen Maranatha 17(1): 1.

Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.

Wilujeng, Sri. 2017. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret Di Kecamatan Sukun Kota Malang.” Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang: 457–69.

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles