Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Swalayan Subur Jaya Desa Buatan II Kecamatan Koto Gasib

Penulis

  • Asah Hidayah Putri Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Kata Kunci:

Suasana Toko, Keputusan Pembelian, Konsumen

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh suasana toko (store atmosphere) terhadap Keputusan Pembelian konsumen di Swalayan Subur Jaya Desa Buatan II Kec. Koto Gasib. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian Survey deskriptif dengan metode penelitian Kuantitatif karena peneliti mengumpulkan data dengan cara menganalisis data dan dengan mendeskripsikan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Accidental sampling yaitu untuk konsumen yang berjumlah 92 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji-t didapat bahwa store atmosphere (X) dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 atau t-hitung 6,412>0,207, Maka dapat disimpulkan bahwa Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan secara persial terhadap keputusan pembelian konsumen di swalayan Subur Jaya Desa Buatan II Kec. Koto Gasib. Nilai Rsquare (R²) sebesar 0,314 atau (31,4 %) ini menjelaskan bahwa Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di swalayan subur jaya desa buatan II Kec. Koto Gasib sedangkan sisanya sebesar 68,6% (100%-31,4%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dari hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, maka penulis memberikan masukan dan saran terhadap swalayan subur jaya desa buatan II Kec. Koto Gasib untuk dapat memperhatikan store atmosphere dalam memasarkan produk untuk kebutuhan dan keinginan konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arinawati, E., & Suryadi, B. (2019). Penataan Produk SMK/MAK Kelas XI.Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Arinawati, E., & Suryadi, B. (2021). Penataan Produk SMK/MAK Kelas XII.Lndonesia: Gramedia Widiasarana.
Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail Management A Strategic Approach. United Statis Edition: Pearson Education.
Berman, Barry dan Evans, Joel R, 2004. Retail Management A Strategic Apporoach. 9 th Edition. New Jersey. Pearson Education International.
Farizal, F., & Muhajirin. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan LokasiTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Zam-Zam Kota Bima. Journal of Business and Economcs Reseach (JBE) Vol 1, No 3, October 2020, Hal. 245-250, 245-250.
Fuad , M. (2010). Store Atmosphere Dan Perilaku Pembelian Konsumen Di Toko Buku Gramedia Malang. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern: Vol 2 No.1 , 1-13.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis Multivariate dengan program SPSS Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro.
Habra, D., Tumanggor, M. B., & Panjaitan, D. J. (2019, September). pengaruh suasana toko pada pengambilan keputusan pembelian di mini market. in prosiding seminar nasional hasil penelitian (Vol. 2, No. 2, pp. 926-s934).
Hartati, S., & Nafi’ah, Y. (2019). Pengelolaan Bisnis Ritel C3. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ibrahim, M. (2009). Buku Ajar Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.
Ibrahim, M. (2009). Pengantar Ilmu administrasi bisnis. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Jawa Tmur: Unitomo Press.
Mudzakkir, M. F., & Suharso, A. A. (2015). Buku Ajar Mata Kuliah Retailing. Malang: Unversitas Kanjuruhan Malang.
Nizar, N. S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Dan Experiental Marketing Terhadap Minat Kunjung Kembali Di Cafe Koloni Tretes Kabupaten Pasuruan. Jurnal Academia, 1-14.
Nurcahyo, R. (2019). Pengelolaan Bisnis Ritel. Malang, Jawa Timur: PT. Kuantum Buku Sejahtera.
Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.
Rumagit, R. R. (2013). Bauran penjualan eceran (Retailing Mix) pengaruhnya terhadap keputusan pembelian di Jumbo Swalayan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Sari Ramadhana, N. M. (2016). Pengaruh Display Produk Dan Suasana Toko Terhadap Pembelian Impulsif Di Minimarket Eramart Cabang Lembuswana Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 688.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS . Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono, P. D. (2018). Metodologi kuantitatif,kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, E. A., DH, A. F., & Yaningwati, F. (2012). Suasana Toko Dalam menciptakan emosi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (survey pada pengunjung retail hypermart malang town square kota malang). profit volume 6 No. 1, 60-80.
Tanjung, A. (2020). Pengaruh store atmosphere, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa Vol. 05 No. 03 -Desember2020, 1-18.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba empat.
Utami, C. W. (2018). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Diterbitkan

2023-03-20

Terbitan

Bagian

Articles