Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bolu Kemojo Gerai Aurel Mandiri Kabupaten Kuantan Singingi
Keywords:
Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi kasus Bolu Kemojo Pada Gerai Aurel Mandiri di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi). Indikator penelitian kualitas produk yang digunakan dalam penelitian ini meliputi freshness (kesegaran), presentation (penampilan), taste (rasa), dan innovative food (inovasi makanan). Indikator keputusan pembelian yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternative, pembelian dan konsumsi, serta evaluasi purnabeli. Teknik penarik dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling isidental dengan konsumen sebanyak 116 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, koesioner, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis uji t dapat dijelaskan bahwa kualitas produk secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian bolu kemojo di Kelurahan Muara Lembu, dimana variabel kualitas produk memiliki nilai signifikansi sebesar 12,678 > 11,400. Uji R2 sebesar 0,581 (58,1%) ini artinya kualitas produk memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap bolu kemojo pada gerai Aurel Mandiri di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi sebesar 58,1%. Sedangkan sisanya sebanyak 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dari hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, maka saya sebagai penulis memberikan saran kepada pihak Gerai Aurel Mandiri diharapkan meningkatkan kualitas produknya agar keputusan pembelian konsumen selalu meningkat setiap tahunnya dengan cara seperti menambahkan pengawat makanan supaya lebih lama, menambah varian rasa, memberi label pada kemasan supaya usaha semakin berkembang