Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bolu Kemojo Gerai Aurel Mandiri Kabupaten Kuantan Singingi

Authors

  • Rosmita Rosmita Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Ditha Andella Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi kasus Bolu Kemojo Pada Gerai Aurel Mandiri di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi). Indikator penelitian kualitas produk yang digunakan dalam penelitian ini meliputi freshness (kesegaran), presentation (penampilan), taste (rasa), dan innovative food (inovasi makanan). Indikator keputusan pembelian yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternative, pembelian dan konsumsi, serta evaluasi purnabeli. Teknik penarik dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling isidental dengan konsumen sebanyak 116 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, koesioner, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis uji t dapat dijelaskan bahwa kualitas produk secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian bolu kemojo di Kelurahan Muara Lembu, dimana variabel kualitas produk memiliki nilai signifikansi sebesar 12,678 > 11,400. Uji R2 sebesar 0,581 (58,1%) ini artinya kualitas produk memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap bolu kemojo pada gerai Aurel Mandiri di Kelurahan Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi sebesar 58,1%. Sedangkan sisanya sebanyak 46,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dari hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, maka saya sebagai penulis memberikan saran kepada pihak Gerai Aurel Mandiri diharapkan meningkatkan kualitas produknya agar keputusan pembelian konsumen selalu meningkat setiap tahunnya dengan cara seperti menambahkan pengawat makanan supaya lebih lama, menambah varian rasa, memberi label pada kemasan supaya usaha semakin berkembang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma Buchari. 2018, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Bandung:Alfabeta Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta Dharmesta & irawan, 2007. Manjemen Pemasaran Modern. Edisi kedua, Yogyakarta: liberty. Handoko, T. H. (2017). Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE. Kamaluddin, A. (2017). Administrasi Bisnis. Makassar: CV Sah Media. Kotler, Philip dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga Kotler, Philip and Garry Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Siagian, Sondang P, (2020). Filsafat Administrasi Edisi Revisi. Jakarta : PT Bumi Aksara Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet. Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Tjibtono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi Tjipjono, Fandi dan Anastasia Diana. 2019. Kepuasan Pelanggan Konsep, Pengukuran, & Strategi. Yogyakarta : Andi Umar, Husein. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama Yamit, Zulian. 2010, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta, Penerbit Ekonisia. Zulkifli, Azam Awang, A., Arief Rifa, i., Emrizal, Suryani, L., Andry, H., et al. (2013). Buku Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Kertas Kerja Mahasiswa Edisi Revisi 2013. Pekanbaru: Badan Penerbit Fisipol UIR. Jurnal: Dinawan, M. R. (Desember 2020). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang)). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume IX, No.3, 339. Geofanny, E. (Mei 2020). Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kopi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH. Volume 7, Nomor 2,, 442. Habibah, U., & Sumiati. (Maret 2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap keputusan pembelian produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 35. Juliana, Noval, T., & Susanto, R. (Juni 2019). Analisis Pengaruh Service Quality, Food Quality dan Perceived Value Sebagai Prediktor Customer Satisfaction Pada Rumah Makan Ampera Bandung. Jurnal Ilmiah Maksitek Vol. 4, No. 2. Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (January 2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 04, Issue. 01, 44. Lestaria, W. S., & Yusuf, A. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 5 Nomor 2 , 94-101. Magdalena, M., & Winardi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Roti CV. Rima Bakery Di Kota Padang. Jurnal Pundi, Vo. 04, No. 01. 55-70 Martini, A. N., Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo di Kota Pagar Alam. Jurnal akativa : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2 (3), 33. Oktavenia, K. A., & Ardani, I. G. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E - Jurnal Manajemen Unud, vol.8, No. 3,, 1378. S., M. F., & Japarianto, E. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep's Di Kota Solo. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN Vol. 1, No. 1,, 1-6. Simaharuk, P. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus : Pengguna Sepeda Motor Honda Beat Pada Masyarakat Kecamatan Medan Tembung). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19 (1), 82 Wianti, w. Wangsit, S. & Ira, K.P. (2019) Pengaruh Beand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Gramedia Asri Media Cabang Cinere Mall Depok. Jurnal STEI Ekonomi Vol. 28, No. 02, 280-307 Yafie, A. S., Suharyono, & Abdillah, Y. (Juni 2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffee Studio Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 35, No. 2, 11-19

Downloads

Published

2023-03-20

Issue

Section

Articles