Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Berkomunikasi secara Lisan pada Tes Simulasi IELTS (International English Language Testing System)

https://doi.org/10.25299/geram.2018.vol6(2).2194

Authors

  • Sitti Hadijah Universitas Islam Riau
  • Shalawati Shalawati Universitas Islam Riau
  • Andi Idayani Universitas Islam Riau

Keywords:

Berbicara, Tes Simulasi IELTS

Abstract

IELTS (International English Language Testing System) merupakan salah satu tes kemahiran berbahasa Inggris yang megukur 4 keterampilan berbahasa Inggris seseorang. Terkait dengan adanya beberapa keterampilan berbahasa Inggris yang diukur di IELTS, penelitian ini berfokus pada penelitian berbicara (speaking) yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada IELTS Simulation Test untuk menganalisa kemampuan mahasiswa dalam melakukan tes keterampilan berbicara, serta menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan menjadi penghambat dalam melakukan tes simulasi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan mahasiswa dalam melakukan tes simulasi IELTS untuk keterampilan berbicara perlu untuk ditingkatkan lagi karena sebahagian besar mahasiswa masih berada pada rentang nilai 4-6. Sehingga, dapat dimaknai bahwa tingkat keterampilann mahasiswa dalam melakuan tes simulasi EITLS Speaking (Berbicara) sudah menunjukkan keterampilan yang cukup baik karena ada beberapa mahasiswa yang mampu meraih rentang nilai 7, dan sebahagian besar peserta tes juga sudah berada pada rentang 5-6, hanya beberapa mahasiswa yang berada pada rentang 4-4,5. Faktor latihan merupakan faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan peserta tes untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam berbicara Bahasa Inggris, namun seluruh mahasiswa yang diinterview mengemukakan bahwa mereka tidak melakukan persiapan khusus ketika mereka akan melakukan tes, sehinggan hasil yang mereka peroleh masih perlu untuk ditingkatkan. Selain itu, kecemasan pada saat melakukan tes berbicara mempengaruhi keterampilan peserta tes dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, selain itu kesulitan peserta tes dalam memahami beberapa makna kata yang dituturkan oleh penguji menimbulkan kesulitan bagi peserta tes untuk merepon pertanyaan yang diajukan, namun mengetahui tips dan trik dalam melaukan tes IELTS Speaking dapat meminimalisir hal-hal yang dapat mengganggu selama pelaksanaan tes.

 Kata Kunci : Berbicara, Tes Simulasi IELTS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bang, Sujin and Hilver, Phil. 2016. Investigating the Sturctural Relationships of Cognitive and Affective Domains of L2 Listening. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education. DOI 10.1186/s40862-016-0013-8.

Brown, H. Douglas. 2000. Language Assessment principles and Classroom Practices.

Cambridge. 2009. Cambridge IELTS 7 (Examination Papers from University of Cambridge ESOL Examinations: English for Speakers of Other Languages. New York: Cambridge University Press.

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Flowedew, John and Lindsay Miller. 2010. “Listening in a Second Language”: Wolvin Andrew D. Wolvin (Ed), Listening and Human Communication in the 21 Century. Oxford: Blackwell Publishing Ltd.

Gay, L. R., Mills, G.E., &Airasian, P. 2006. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Upper Saddle River, HJ : Prentice –Hall.

Gilakjani, Abbas Pourhosein and Ahmadi, Mohammad Reza. 2011. A Study of Factors Affecting EFL Learners’ English Listening Comprehension and the Strategies for Improvement. Journal of Language Teaching and Research, Vo. 2, No. 5, pp. 977-988, September 2011.doi: 10.4304/jltr.2.5.977-988.

Harmer, Jeremy. 2006. The Practice of English Language Teaching: Pearson Education Limited.

Huang, Shufen., Eslami, Zohreh., Hu, Rou-Jui Sophia. 2010. The Relationship between Teacher and Peer Support and English-Language Learners’ Anxiety. English Language Teaching. Vol. 3, No.1, March 2010.

Malkawi, Abeer H. 2010. Listening Comprehension for Tenth Grade Students in Tabaria High Schools for Girl. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 1, No. 6., pp 771-775, November 2010.
doi:10.4304/jltr.1.6.771-775. Roca-Varela, M., & Palacios, I. M. 2013. How are spoken skills assessed in proficiency tests of general english as a foreign language? A preliminary survey1. International Journal of English Studies, 13(2), 53-68. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1466537938?accountid=62695

Roginska, M. 2016. Overcoming polish adult learners' of english anxiety in speaking. World Scientific News, 43(2), 56-103. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1790493769?accountid=62695

Supharatypthin, D.2014. Developing Students’ Ability in Listening and Speaking English Using the Communicative Approach of Teaching.International Journal of Arts & Sciences, 7(3), 141-149. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1644634408?accountid=62695

Yan, Wei and Cheng, Liying. 2015. How language proficiency contributes to Chinese students’ academic success in Korean Universities. Language Testing in Asia, a SpringerOpen Journal. 5:8, DOI 10.1186/s40468-015-0016-2.

Sumber Online
https://www.idp.com/global/aboutus.

https://www.ielts.org/what-is-ielts/ielts-introduction.

https://en.wikipedia.org/wiki/International_English_Language_Testing_System.

https://www.ielts.org/-/media/pdfs/speaking-band-descriptors.ashx?la=en.

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://www.examenglish.com/IELTS/IELTS_Band_Scores.html.

http://ieltsliz.com/ielts-band-scores/.

https://www.ieltsessentials.com/global/testinformation/testformat/testformatdetail
Commented [SW66]: Should be write in APA style and use references software

Published

2018-12-20