PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERCERITA SEDERHANA DITINJAU DARI SEGI ASPEK SINTAKSIS DAN SEMANTIK

Authors

  • Atik Mufidah Atik Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2021.vol4(2).7670

Keywords:

Language Skill, Syntax, Semantics, Simple Storytelling

Abstract

The development of language skills in children aged 4-5 years often experience obstacles in conversation, delivery or expression and talking to other people. The problem that occurs in children aged 4-5 years in the A6 group RA Muslimat NU Masyithoh 05 Banyurip Ageng Pekalongan City is that the development of children's language skills in terms of syntactic and semantic aspects of children is still not well developed. The purpose of simple storytelling activities is to determine the development of children's language skills, especially in the syntactic and semantic aspects. The research method uses a qualitative descriptive method. The research site is at RA Muslimat NU Masyithoh 05 Banyurip Ageng, Pekalongan City. The research period is from May 29 to June 11, 2021. The research subjects were 2 students in group A6 with an age range of 4-5 years with data sources from 15 students. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The results of a study conducted for approximately 2 weeks with a sample of 2 children showed that through simple storytelling, children aged 4-5 years old could develop language skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afnida, M., & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Pengembangan Bahasa Anak pada TK A di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).

Agustin, T. A. (2017). Pemerolehan Afiks Bahasa Indonesia Anak: Studi Kasus Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi. Universitas Jember.

Bettyani, W. (2020). Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Bahasa (Kosakata dan Bercerita) Anak Usia Dini Kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.

Devi, M. (2021). Penerapan Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung).

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42-51.

Firyati, Y. I., & Haenilah, E. (2016). Story Telling Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Gani, S. (2019). Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, Dan Semantik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1-20.

Gunawan, A. (2020). Pemerolehan sintaksis pada Anak Usia 2-5 Tahun dan Implikasi pada Pengajaran Bahasa Indonesia di PAUD. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gunawan, A. Pemerolehan Sintaksis pada Anak Usia 2-5 Tahun dan Implikasi pada Pengajaran Bahasa Indonesia di PAUD. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hamsiani, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita di TK Miftahul Khair Desa Limbong Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Panrita: Journal Of Education, Research And Technology, 1(1), 41-49.

Handayani, T., & Istiarini, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita melalui Media Celemek Cerita pada Anak Usia 4-5 tahun di TKIT Al Amanah Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 44-54.

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).

Ita, E., & Wewe, M. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174-186.

Lasaiba, D. (2018). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. Fikratuna: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8(2).

Mahmud, L. H., Perlina, M., Tryana, T., Iyehezkiel, I., & Anwar, D. (2021, January). Bercerita: Upaya Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Anak Usia Dini. In Prosiding Senantias: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 953-962).

Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 375-381.

Nurjamiaty, N. (2015). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Berdasarkan Tontonan Kesukaannya Ditinjau Dari Konstruksi Semantik. Jurnal edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2)

Nurwiyanti, S., & Astuti, I. Meningkatkan Perbendaharaan Kata Sederhana pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Melawi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).

Pareira, M. I. R., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35-42.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134-2145.

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25-34.

Utariani, N. K., Sudarma, I. K., & Magta, M. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Wahyuni, I. W., & Nurhayati, S. (2020). Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 82-90.

Wardani, Y. K. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Mardi Rahayu Jombang. PAUD Teratai, 6(3).

Widiyati, N. (2012). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Model BCCT di Sentra Peran pada KB Anak Sholeh Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yofita, A. (2016). Anak Usia TK Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Skripsi. Universitas Malang

Downloads

Published

2021-11-29