Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam

  • Dina Lestari Sakwin UIN Sunan Kalijaga
  • Muqowim Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Nilai Agama, Anak Usia Dini, Pesrspektif Islam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangkan nila agama kepada anak usia dini agar menjadi pribadi yang memiliki cara berpikir, tutur kata, perbuatan, akhlak, tujuan hidup, cara memandang dan menimbang segala masalah penuh kehati-hatian dan sesuai dengan agama Islam. Dan diharapkan bisa menjadi pedoman bagi anak-anak ketika mereka beranjak dewasa serta dalam menghadapi perkembangan zaman di era modern ini, agar terhindari dari perbuatan yang menyimpang. Dengan begitu, melalui pengembangan nilai agama pada anak sejak dini, diharapkan bisa meminimalisir kemungkinan bagi anak-anak untuk berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan agama sehingga tercetaklah anak-anak bangsa yang berkarakter terpuji. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode penelitian kepustakaan, yang merujuk pada penelitian terdahulu, jurnal, buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan cara menelaah hasil penelitian terdahulu serta mengumpulkan semua informasi dan teori-teori yang relevan dengan penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan nilai agama pada anak usia dini dalam perspektif Islam, yaitu teladan yang baik, pembiasaan, dan pembinaan akhlak.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Ulwan, A N. (2017). Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang: Insan Kamil.

Abdurrahman, A. (2018). Peningkatan Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini melalui Pembinaan Akhlak. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 64-71.

Akmal, A. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berwudhu pada Kelompok B3 TK Islam YLPI Marpoyan. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 62-78.

Ghufron, M N. dan Risnawati, R.(2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Uzz Media.

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 68-74.

Hidayat, N. (2015). Metode keteladanan dalam pendidikan Islam. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 135-150.

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama untuk Anak Usia Dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51-64.

Indonesia, P. M. P. N. R. (2015). Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. http://www.paudni.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2012/08/permen_58_2009-ttg-standar-PAUD.pdf.

Jumiatmoko, J. (2018). Implementasi Toleransi Beragama pada Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 45-59.

Sabi'ati, A. (2016). Membangun Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kabupaten Semarang. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1-14.

Suhono, S., & Utama, F. (2017). Keteladanan Orang Tua dan Guru dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 107-119.

Suyadi., & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarbini, Amirulloh. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga (Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Taubah, M. (2015). Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 109-136.

Wahyuni, I. W. (2011). Hubungan Kematangan Beragama dengan Konsep Diri. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 8(1), 1-8.

Published
2020-10-23
Abstract viewed = 312 times
PDF downloaded = 300 times