EVALUASI PENGENALAN TATA CARA BERWUDHU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MEDIA GAMBAR PADA KELOMPOK B DI RA ASIAH KOTA PEKANBARU

  • Afiyah Afiyah Universitas Islam Riau
  • Melwani May Pratama Universitas Islam Riau
  • Rizky Nurhasanah Universitas Islam Riau
Keywords: Introduction, Procedures, Ablution, Media, Images

Abstract

This study aims to introduce the procedure for ablution in the development of Islamic education through the medium of the slowdown in group B in RA Asiah, Pekanbaru city. The research was carried out because there were problems in the introduction of ablution procedures. The results of the observation on the evaluation of the introduction of ablution procedures in the development of Islamic education through the propagating media in group B in RA Asiah can be concluded that the introduction of the procedure for ablution through the image media is carried out optimally. The activity of introducing the procedures for the ablution of children given by educators goes according to the expectations and achievements of development, which are used as indicators of implementation on aspects of strength and balance

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Afiyah Afiyah, Universitas Islam Riau

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam

Melwani May Pratama, Universitas Islam Riau

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam

Rizky Nurhasanah, Universitas Islam Riau

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam 

References

Akmal, Aulia. 2018. Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berwudhu pada Kelompok B3 TK Islam YLPI Marpoyan. Generasi Emas, Vol. 1 No. 1.

Arif, Hakim. 2016. Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dib, Vol. V, No.1. Tahun 2016. file:///C:/Users/asus/AppData/Local/Temp/1980-5571-1-PB.pdf. Diakses pada 04 Maret 2019.

Anggraini, Wardah dan Syafrimen. Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. file:///C:/Users/asus/AppData/Local/Temp/1.%20Wardah%20Anggraini%20Konsep%20Paper-2.pdf. Diakses pada 25 Maret 2019.

Azizah, Ferihah. 2015. Metode Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah. Skripsi. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/901/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. Diakses pada 04 Maret 2019.

Choiriyah, Amin. 2019. Pengembangan Keagamaan Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Karang Malang Yogyakarta). Skripsi. http://digilib.uin-suka.ac.id/3782/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. Diakses pada 08 Mei 2019.

Fatchiyyah, Lailatul. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Wudhu Dengan Media Kartu Gambar Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Ngepreh Sayung Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi.

Nuraini. 2015. Peningkatan Pengetahuan Berwhudu Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Artikel penelitian. https://jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/algoritma/article/viewFile/168/381. Diakses pada 25 Maret 2019.

Wahyuni, Ida Windi. 2018. Penerapan Nilai-Nilai Moral pada Santri TPQ Al-Khumaier Pekanbaru. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 1.

Yamin, Martinis. dan Sanan, Jamilah Sabri. 2013. Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group).

http://eprints.walisongo.ac.id/7074/3/BAB%20II.pdf. Diakses pada 16 Mei 2019.

https://media.neliti.com/media/publications/215580-none.pdf Diakses pada 20 Mei 2019.
Published
2019-05-30