Pelatihan Pembelajaran Daring Melalui Platform Google Pada Guru SMA Seri Rama Pekanbaru

Authors

  • Irena Puspi Hastuti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau
  • Haugesti Diana UIR
  • Masnur Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau
  • Muhammad Fahdi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8720

Keywords:

Platform Google, Pembelajaran Daring, SMA Seri Rama Pekanbaru

Abstract

Pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru yang ada di SMA Seri Rama Pekanbaru yaitu bagaimana menggunakan platform google untuk mempermudah melaksanakan pengajaran kepada siswa selama masa pandemi covid 19 ini.  Metode yang dilakukan adalah ceramah tatap muka langsung dengan guru-guru, serta praktek langsung dengan membawa perangkat laptop dari peserta. Hasil kegiatan ini hampir seluruh guru belum menggunakan media Google seperti Google Classroom, media tatap muka online seperti Google Meet, serta Platform Google lainnya. Guru-guru hanya menggunakan media WA untuk melaksanakan pengajaran. Seperti  absensi, materi pengajaran, membuat tugas, dan kegiatan lainnya hanya melalui WA sehingga  pengajaran menjadi tidak efektif. Hal ini karena kurangnya pemahaman guru pada perangkat platform ini karena pihak sekolah tidak melakukan pelatihan kepada guru-guru untuk menggunakan media online Google untuk melakukan pengajaranPengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru yang ada di SMA Seri Rama Pekanbaru yaitu bagaimana menggunakan platform google untuk mempermudah melaksanakan pengajaran kepada siswa selama masa pandemi covid 19 ini. Metode yang dilakukan adalah ceramah tatap muka langsung dengan guru-guru, serta praktek langsung dengan membawa perangkat laptop dari peserta. Hasil kegiatan ini hampir seluruh guru belum menggunakan media Google seperti Google Classroom, media tatap muka online seperti Google Meet, serta Platform Google lainnya. Guru-guru hanya menggunakan media WA untuk melaksanakan pengajaran. Seperti absensi, materi pengajaran, membuat tugas, dan kegiatan lainnya hanya melalui WA sehingga pengajaran menjadi tidak efektif.Hal ini karena kurangnya pemahaman guru pada perangkat platform ini karena pihak sekolah tidak melakukan pelatihan kepada guru-guru untuk menggunakan media online Google untuk melakukan pengajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anderson, Ronald H 2003. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran.Aneka Ilmu.Semarang
Ananda Hadi Elyas. Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran. N0.58.2018
http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4
Darmalaksana,Wahyudin dkk.2020.Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai
Tantangan Pemimpin Digital Abad 21.
https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=CGyaN8YAAAAJ&citati
on_for_view=CGyaN8YAAAAJ:L7CI7m0gUJcC
Firman, Sari Rahayu Rahman 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of
Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.
Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.
21009/jtp.v22i1.15286
Kamus Besar Bahasa Indonesia.(2017).Edisi Kelima.Balai Pustaka.Jakarta
Latjuba Sofyana.Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatshap pada Kelas Karyawan Prodi Teknik
Informatika universitas PGRI Madiun.Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, Volume 08
Nomor 1 Maret, (Madiun : Teknik informatiak Universitas PGRI 2019), hal. 82 16
LPPM UIR, 2018. Panduandan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Riau. LPPM UIR. Pekanbaru
Muhammad Chodzirin. 2020. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas
Kualitas Perguruan Tinggi.Jurnal of Information Technology, Volume 1 Nomor 2, (Semarang :
Universitas Islam Negri Walisongo), hal. 153
Munir2010. Pembelajaran Jarak Jauh. Alfabeta.
Yusuf Bilfaqih. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta:CV Budi Utama, 2015, hal. 4

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Hastuti, I., Haugesti Diana, Masnur, & Fahdi, M. (2022). Pelatihan Pembelajaran Daring Melalui Platform Google Pada Guru SMA Seri Rama Pekanbaru. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 5(2), 31–35. https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8720

Issue

Section

Articles