Pelatihan Pemantapan Penguasaan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Pada Guru-Guru SD Kab. Indragiri Hulu

Authors

  • Siti Robiah Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau
  • Suryanti
  • Sepita Ferazona

DOI:

https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8696

Keywords:

Pelatihan, Bahan Ajar IPA, Alqur’an, Guru-Guru SD

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang memiliki karakteristik berbeda dengan ilmu yang lain yakni mengandung ayat-ayat Qauniah dan ayat-ayat Qauliyah sehingga butuh skill dan bahan ajar tersendiri dalam mentransfer ilmunya. Namun demikian pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru-guru SD IPA masih bersifat parsial dengan hanya mengutamakan target capaian ayat-ayat Qauniah semata (aspek kogitif IPA) sehingga aspek qauliyah terutama sikap islami terabaikan, disamping itu memang masih kurangnya bahan ajar IPA yang terintegrasi nilai-nilai Alqur’an yang bisa dijadikan i acuan bagi guru-guru SD. Sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut maka guru-guru SD perlu dibekali melalui suatu pelatihan pemantapan penguasaan bahan ajar IPA terintegrasi nilai-nilai alqur’an agar dapat diaplikasikan kepada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III, Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Darnanengsih, 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam ProsesPembelajaran Untuk Membentuk KarakterPeserta Didik (Studi Kasus Di SMA Averos Kota Sorong Papua Barat), Jurnal Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan Volume, 12 (1).
Gunawan, H. (2014). Pendidika Islam Kajian Tioritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hidayat, M. 2014. Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan Paradigmatik dan Implementatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal A’DIB, Vol. XIX (2).
Ismail, M. (2014). Konsep Berfikir Dalam Al-Qur’an dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak. Jurnal TA’DIB, Vol. XIX,(2)
Jayadi, I (2018). Sifat-Sifat Pendidik Perspektif Al-qur’an. Jurnal Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan Volume, 10 (2).
Marzuki, (2015). Pendidikan Karakter Islami. Jakarta. Amzah.
Megawangi, R. (2014). Pendidikan Karakter, Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nafila, NH dkk. (2016). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iaman dan Taqwa Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri I Ciwaringin, Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 ( 2).
Nasution, AS, Lubis, SA, dan Mukti, A, (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghempang Perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender di Kota Medan. Jurnal At-Tazakki: Vol 1 (3).
Robiah, S. (2014). Proceeding The 8Th International Conference On Indonesia-Malaysia Relation, Pekanbaru.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan, Prenada Media Group, Jakarta.
Siregar B, Zein A dan Zulheddi, 2018. Pendidikan Akidah Dalam QS.Al-Hasyr Ayat 22-24 Menurut Perspektif Jamal Al-Din Al-Qasimi, Jurnal At-Tazakki: Vol.2( 2).
Suyanto dan Jihad, (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Esensi Erlangga group. Jakarta.
Syafri, U (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Alqur’an, Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2022-01-17

How to Cite

Robiah, S., Suryanti, S., & Ferazona, S. (2022). Pelatihan Pemantapan Penguasaan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Pada Guru-Guru SD Kab. Indragiri Hulu. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 5(3). https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8696

Issue

Section

Articles