Pemanfaatan Alat Pengering Pada Industri Rumah Tangga Keripik Nenas “Nafiz” Desa Rimbo Panjang, Kampar

  • Jhonni Rahman Universitas Islam Riau
  • Rafil Arizona Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Kurnia Hastuti Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Eddy Elfiano Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Shandy Kurniadi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Yoga Fernando Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
Keywords: Keripik Nenas, Ekonomi, Teknologi Sederhana, Pengering

Abstract

Sebagai daerah penghasil nenas yang cukup besar, masyarakat Riau khususnya desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar memanfaatkan nanas dengan mengolahnya menjadi beberapa produk yang bernilai ekonomi. Salah satu diantaranya adalah keripik nenas. Kegiatan PkM ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang teknologi sederhana yang dapat digunakan dalam membantu mempercepat proses pengeringan buah nenas yaitu dengan memanfaatkan alat pengering. Kegiatan PkM ini diawali dengan pembuatan alat pengering nenas yang kemudian digunakan saat sosialisasi untuk mempermudah masyarakat dalam memahami materi penyampaian tentang teknologi pengeringan sederhana yang disampaikan oleh para nara sumber. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan mengeringkan buah nenas menggunakan alat pengering yang telah dibuat. Kegiatan PkM ini dinilai berhasil karena karena tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari besarnya antusias peserta ketika kegiatan berlangsung. Selain itu, masyarakat menjadi faham bahwa penggunaan alat pengering tidak hanya mempercepat proses pengeringan buah nenas tetapi juga menjaga agar buah nenas tetap bersih dan higienis.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Rafil Arizona, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

Sek. Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas islam Riau

Kurnia Hastuti, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

Dosen Prodi Teknik Mesin Universitas Islam Riau

Eddy Elfiano, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

Dosen prodi Teknik Mesin UIR

Shandy Kurniadi, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

Mahasiswa Prodi Teknik Mesin UIR

Yoga Fernando, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

Mahasiswa prodi Teknik Mesin, UIR

References

Afifah, D. N., Fuadi, A., Nugraheni, N., Arifan, F., & Pratiwi, S. N. (2019). PRODUK PANGAN DAN NON-PANGAN OLAHAN NANAS MADU.
Asgar, A., & Musaddad, D. (2008). Pengaruh media, suhu, dan lama blansing sebelum pengeringan terhadap mutu lobak kering. Jurnal Hortikultura, 18(1).
Kusumawaty, Y., 2018. Strategi pemasaran produk makanan ringan khas Riau (keripik nenas dan rengginang ubi kayu). Jurnal Agribisnis, 20(2), pp.124-138.
Lastriyanto, A., Soeparman, S., Soenoko, R., & HS, S. (2017). Identifikasi Laju Penguapan Air Pada Penggorengan Vakum Buah Nanas. 2002, 593–602.
Landi, H. K. (2017). Analisis Daya Saing Ekspor Buah Nenas Kalengan Indonesia di Pasar Internasional (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).
Riauonline. (2020). https://www.riauonline.co.id/riau/kota-pekanbaru/read/2020/12/16/terkenal-manis-buah-nenas-jadi-produksi-tertinggi-riau-2019
Statistik, B. P. (2015). Direktorat Jenderal Hortikultura. 2015. Produktivitas sayuran di Indonesia, 2016.
Suprapti, M. L. (2001). Membuat aneka olahan nanas.
Tumbel, N. (2017). Pengaruh Suhu Dan Waktu Penggorengan Terhadap Mutu Keripik Nanas Menggunakan Penggoreng Vakum. Jurnal Penelitian Teknologi Industri, 9(1), 9.
Yulianto, E., Yohana, E., Sutrisno, S., Utami H, S., Ariwibowo, D., Fardzanela S, F. S., & Sitawati, R. (2018). Peningkatan Produktivitas Industri Manisan Nanas Melalui Pengembangan Pengering Multi Rak. Metana, 14(2), 43.
Rukmana. (2007). Nenas Budidaya dan Pasca Panen. Yogyakarta: Kasinius.
Published
2022-01-09
How to Cite
Rahman, J., Rafil Arizona, Kurnia Hastuti, Eddy Elfiano, Shandy Kurniadi, & Yoga Fernando. (2022). Pemanfaatan Alat Pengering Pada Industri Rumah Tangga Keripik Nenas “Nafiz” Desa Rimbo Panjang, Kampar. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 5(3). https://doi.org/10.25299/bpb.2021.8687
Section
Articles
Abstract viewed = 85 times
PDF downloaded = 55 times