Penerapan Permainan matematika di SDN 008 Balikpapan Utara Kota Balikpapan untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Matematika

Authors

  • Muhammad Azka
  • Primadina Hasanah Institut Teknologi Kalimantan
  • Sigit Pancahayani Institut Teknologi Kalimantan
  • Indira Anggriani Institut Teknologi Kalimantan

Keywords:

Matematika, Permainan, Ular tangga, UNO

Abstract

Pada tingkat dasar, siswa mempelajari dasar-dasar operasi hitung matematika yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagaian baik pada operasi bilangan bulat maupun pecahan yang seringkali membuat siswa bingung dan kurang berminat mempelajarinya. Kondisi ini perlu diwaspadai dikarenakan masih sering dijumpai siswa tingkat menengah yang tidak memahami operasi hitung pecahan. Di lain pihak, stigma yang terjadi di masyarakat Indonesia pada umumnya adalah matematika merupakan pelajaran yang paling sulit. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan upaya pengembangan suatu metode pembelajaran dengan mengimplementasikan suatu bentuk permainan pada pembelajaran matematika. Metode permainan yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar matematika ini diadopsi dari permainan ular tangga dan kartu UNO, yang mana permainan-permainan ini sudah dikenal oleh anak-anak. Berdasaran kegiatan yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa metode permainan sangat disukai oleh siswa SDN 008 Balikpapan Utara dalam meningkatkan minat belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Dwirahayu, G., & Nursida. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 MI. 5(2), 117–138.
Fathurrohman, M., Nindiasari, H., & Rahayu, I. (2009). PENGEMBANGAN BOARD GAME MATEMATIKA DI SD NEGERI WADASARI, KABUPATEN SERANG Maman Fathurrohman, Hepsi Nindiasari, dan Ilmiyati Rahayu. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 465–472.
Harahap, D. H., & Syarifah, R. (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 20–30.
Krisbiantoro, D., & Haryono, D. (2017). GAME MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Telematika, 10(2), 1–11.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Azka, M. ., Hasanah, P. ., Pancahayani , S. ., & Anggriani, I. . (2020). Penerapan Permainan matematika di SDN 008 Balikpapan Utara Kota Balikpapan untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Matematika. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 4(2), 56–64. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/buletinpembangunan/article/view/6051

Issue

Section

Articles