Program Stimulasi Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Bagi Orang Tua di Kelurahan Jetaksari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak

Authors

  • Erni Agustina Setiowati Universitas Islam Sultan Agung
  • Agustin Handayani
  • Ratna Supradewi

DOI:

https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5559

Abstract

Program pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua dalam memberikan stimulasi yang tepat agar anak usia 6-7 tahun siap memasuki sekolah dasar. Pada saat berada di taman kanak-kanak (TK), guru TK memberikan berbagai stimulasi diantaranya keterampilan motorik halus dan kasar, kemampuan mengenali objek dan kegunaanya, bersosialisasi, mengenal moral sesuai usianya serta menghitung benda. Disamping itu, orang tua memberikan stimulasi yang mengarah pada aktivitas yang ditujukan agar anak cepat beradaptasi dengan tugas akademik di sekolah dasar. Akan tetapi, tidak jarang orang tua kemudian lebih menekankan anak lancar menulis, membaca, dan berhitung.  Padahal dalam kesiapan masuk sekolah juga harus memperhatikan kesiapan fisik dan motorik, emosi, sosial, bahasa, dan ketertarikan untuk belajar. Sebanyak 29 orang tua anak TK (RA) Al Khusaini mengikuti kegiatan ini dan untuk mengetahui kesiapan anak masuk sekolah dilakukan Tes Kesiapan Sekolah menggunakan NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test) terhadap 15 anak usia 5,0 sampai 5,9 tahun dari total 29 anak TK B. Hasil tes NST menunjukkan ada 7 anak berada pada kategori siap dan sisanya belum siap, selain itu orang tua diberi angket pengetahuan mengenai kesiapan anak masuk sekolah. Data menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua memandang melatih kemampuan membaca, menulis dan berhitung yang paling penting sehingga lebih menekankan aspek ini dalam menstimulasi. Hasil pengabdian masyarakat ini diketahui bahwa orang tua setelah kegiatan pendampingan mengetahui aspek-aspek kesiapan anak masuk sekolah dan cara-cara menstimulasinya yang akan mendukung keberhasilan anak belajar di SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Hair, E., Halle, T., Terry-Humen, E., Lavelle, B., & Calkins, J. (2006). Children’s school readiness in the ECLS-K: Predictions to academic, health, and social outcomes in first grade. Early Childhood Research Quarterly, 21(4), 431–454. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2006.09.005
Majzub, R. M. (2009). The development of a web based ecological assessment of school readiness (WEBEASR). Procedia Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2568–2572. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.453
Majzub, R. M., & Rashid, A. A. (2012). School readiness among preschool children. Procedia Social and Behavioral Sciences, 46, 3524–3529. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.098
Pianta, R. C., & Kraft-Sayre, M. (2003). Succesful kindergarten transition: Your guide to connecting children, families, and school. Baltimore: Brookes publishing.
Tunçeli, H. I., & Akman, B. (2013). The investigation of school readiness level of six years old preschool children in terms of different variables. Procedia Social and Behavioral Sciences, 106, 2899–2905. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.335
Watts, T. W., Gandhi, J., Ibrahim, D. A., Masucci, M. D., & Cybele Raver, C. (2018). The Chicago school readiness project: Examining the long-term impacts of an early childhood intervention. PLoS ONE, 13(7), 1–25. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0200144

Downloads

Published

2020-09-07

How to Cite

Agustina Setiowati, E., Handayani, A., & Supradewi, R. (2020). Program Stimulasi Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Bagi Orang Tua di Kelurahan Jetaksari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 4(2), 37–44. https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5559

Issue

Section

Articles