Penyuluhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tepat Guna Dalam Meningkatkan Ekonomi Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti

Authors

  • Syawaldi Universitas Islam Riau
  • Kurnia Hastuti Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5029

Keywords:

Ekonomi masyarakat, mandiri, Meranti, pemberdayaan, teknologi

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Ilmu Pengetahuaan  dan Teknologi Tepat  Guna (TTG)  telah  dapat  dilaksanakan  dengan  baik  dan  sesuai  dengan  target  yang dirapkan. Dimana kegiatan pengabdiaan kepada masyarakat dilaksanakan 18 – 20 Oktober 2019.  Kegiatan pengabdian  kepada  masyarakat  adalah  kerjasama  dengan  Badan Pemberdayaan  Masyarakat  dan  Desa.  Dimana  Universitas  Islam  Riau  melalui  Fakultas merasa  terpanggil   dalam  rangka   mencerdaskan   masyarakat   tentang  ilmu  pengetahuan teknologi  tepat guna (TTG).  Ilmu pengetahuan  teknologi  tepat guna merupakan  hal  yang sangat penting dalam pembangunan dan ekonomi pedesaan. Salah satu desa Bina Maju Kecamatan rangsang barat Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana  potensi sumber daya alam dan sumber sangat baik. Maka dari itu perlu membangun kreativitas dalam upaya untuk bisa bertahan dimasa yang akan dating. Salah satunya ilmu pengetahuan  dan teknologi tepat guna salah satu alternatif untuk menyelesaian  masyarakat  di Desa saat ini. Selain itu, pembangunan  dan ekonomi pedesaan yang berdasarkan usaha masyarakat perlu dimotivasi dan dikembangkan melalui teknologi berupa teknologi tepat guna. Untuk pengembangan  teknologi tepat guna perlu upaya dan kerja masyarakat membuat teknologi tepat guna yang sesuai dengan potensi yang ada dimasyarakat itu sendiri. Maka dosen teknik mesin Fakultas teknik universitas islam riau bekerjasama dengan badan pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) kepulauan meranti memberikan pengajaran tentang ilmu pengetahuan teknologi tepat guna. Dengan tujuan kedepannya dapat meningkatkan  sumber daya manusia (SDM) dalam pembuatan teknologi tepat guna untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arsyad, L. (1999). Pengantar perencanaan dan pembangunan ekonomi daerah. Badan Penerbitan Fakultas Ekonomi (BPFE).
Khusnawati, E., & Prasetyo, Y. E. (2016). Difusi dan Adopsi Teknologi Tepat Guna pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah: Observasi pada Kegiatan IPTEKDA LIPI di Kabupaten Subang.
Rahmiyati, N. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna di Kota Mojokerto. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 2(02).
Statistik, B. P. (2019). Data dan Informasi kemiskinan kabupaten/kota tahun 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Downloads

Published

2020-05-12

How to Cite

Syawaldi, & Hastuti, K. (2020). Penyuluhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tepat Guna Dalam Meningkatkan Ekonomi Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5029

Issue

Section

Articles