Pelatihan English for Educator Bagi Guru Tingkat SMK di Kota Semarang

Authors

  • Tri Arie Bowo Universitas Ngudi Waluyo
  • Maya Kurnia Dewi Universitas Ngudi Waluyo
  • Budiati Budiati Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5014

Keywords:

classroom language, educator, english, guru, speaking

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul pelatihan English for Educator Bagi Guru Tingkat SMK di Kota Semarang merupakan pelatihan Bahasa Inggris yang dikhususkan untuk pengajaran di kelas. Mitra dalam pengabdian masyarakat ini adalah institusi pendidikan vokasi yakni Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Guru Republik Indonesia 01 yang terletak di kota Semarang. Permasalahan yang dialami mitra yakni kurangnya kemampuan guru SMK PGRI 01 Semarang untuk mengajar dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal tersebut karena kurangnya pelatihan bahasa Inggris yang dikhususkan untuk guru-guru di sekolah tersebut. Secara spesifik, kurangnya kemampuan guru dalam bahasa Inggris yakni dalam keterampilan speaking (berbicara). Solusi permasalahan mitra yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan English for Educator yakni pelatihan untuk guru-guru/pengajar yang merupakan gabungan dari metode classroom language dan bahasa Inggris dasar. Pada pelaksanaan pelatihan ditemukan bahwa penguasaan vocabulary peserta kurang memadai. Oleh karena itu, efektivitas pelatihan berbasis speaking kurang terlihat efektivitasnya. Pelatihan berbasis vocabulary perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam ketrampilan speaking.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Azar, B. S., & Hagen, S. A. (2009). Understanding and using English grammar: Work book. Pearson Longman.
Douglas, D. A. N., & Frazier, S. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy .: H. Douglas Brown. Tesol Quarterly, 35(2), 341–342.
Martriwati, M., Setyani, R. R. S., Sari, H. N., & Kaniadewi, N. (2018). Pelatihan Penggunaan Bahasa Kelas (Classroom Language) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru SMK Jakarta Pusat 1 Jakarta. Jurnal SOLMA, 7(1), 1–7.
Tillitt, B., & Bruder, M. N. (1985). Speaking Naturally Student’s Book: Communication Skills in American English (Vol. 1). Cambridge University Press.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Bowo, T. A., Dewi, M. K. ., & Budiati, B. (2020). Pelatihan English for Educator Bagi Guru Tingkat SMK di Kota Semarang. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 4(1), 6–13. https://doi.org/10.25299/bpb.2020.5014

Issue

Section

Articles