Kajian Pengenalan Kawasan Pulau Mendol Sebagai Wilayah Binaan Universitas Islam Riau

Authors

  • Mukhtar Ahmad Universitas Islam Riau
  • Ediwarman Ediwarman Universitas Islam Riau
  • Darus Darus Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/bpb.2021.4865

Keywords:

Aquaindustry, agribisnis, budidaya, kemandirian, pariwisata

Abstract

Peninjauan keadaan umum pembangunan dan pembinaan perdesaan, khususnya  perikanan di Kuala Kampar dalam rangka menjadikannya sebagai wilayah binaan Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan UIR telah dilakukan Agustus 2015 lalu.Pengamatan singkat ke Pulau Mendolmengenai proses sosialisasi keberadaan, visi dan misi  program Bupati khususnya serta sosialisasi kebijakan dan perkembangan kawasan khususnya yang telah dilakukan selama dua hari bersama Bupati mengadakan perjalanan dari Pangkalan Kerinci sampai ke Teluk Dalam di Kecamatan Kuala Kampar dengan menggunakan kapal cepat. UIR, yang diharapkan menyusun program kegiatan desa binaan yang akan dilakukan juga menumbuhkan pendapatan dan memajukan mutu kehidupan masyarakat desa. Kebanyakan perempuan secara aktif terkait dengan ekonomi rumah tangga mereka, dengan mengerjakan pengolahan ikan yang ditangkap para suami, yang secara teknologis dan higienis dapat dimaju-baikkan nanti.  Sementara itu sumber daya perairan sungai danau cenderung menurun sehingga pemulihan sumber di antaranya dengan pencagaran hutan lahan basah maupun ‘restocking’ penting diutamakan  terpadu bersamaan pembangunan pedesaan yang lainnya. Didasarkan kepada kepakaran UIR berkenaan pembangunan desa dan masyarakat, teristimewa dalam bidang perikanan dan  budidaya perikanan serta teknologi pengolahan ikan, suatu pembinaaan yang menyeluruh dan sistemik dapat diprogramkan dengan memperkuat perikanan dan sumber dayanya dalam mendukung pengembangan pertanian sagu dan hortikultura di pekarangan maupun menyokong ekonomi kreatif tempatan yang  akan mendukung otonomi desa dan kemandirian ekonomi melalui sistem agro-aquabisnis dan ekonomi aquaindustri.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

BAPPEDA-BPS Kabupaten Pelalawan 2011. KECAMATAN KUALA KAMPAR Dalam Angka 2012. Pangkalan Kerinci. 52 halaman.
BAPPEDA-BPS Kabupaten Pelalawan 2011. PELALAWAN DALAM ANGKA 2010. Pangkalan Kerinci. 200 halaman.
BAPPEDA-BPS Kabupaten Pelalawan 2006. PELALAWAN DALAM ANGKA 2005. Pangkalan Kerinci. 179 halaman.
BAPPEDA-BPS Kabupaten Pelalawan 2002. PELALAWAN DALAM ANGKA 2001.Pangkalan Kerinci. 192 halaman.
Fauzi, 2009. Laporan Kunjungan ke Pelalawan. 9 Januari 2009 Kerinci, Kabupaten Pelalawan.
Harris, M. 2015. Kebijakan Pembangunan Desa di Kabupaten Pelalwan. Bahan yang disampaikan di Kongres Alumni Mahasiswa Universitas Islam Riau Juli 2015.

Published

2021-10-01

How to Cite

Ahmad, M. ., Ediwarman, E., & Darus, D. (2021). Kajian Pengenalan Kawasan Pulau Mendol Sebagai Wilayah Binaan Universitas Islam Riau. Buletin Pembangunan Berkelanjutan, 5(2). https://doi.org/10.25299/bpb.2021.4865

Issue

Section

Articles