Pengaruh Utama Aplikasi Bokashi Limbah Padat Kelapa Sawit dan NPK Organik Pada Tanaman Terong

  • Sumitro Sumitro Universitas Islam Riau
  • Tengku Rosmawaty Universitas Islam Riau
  • Ernita Ernita Universitas Islam Riau
Keywords: bokashi, limbah padat, kelapa sawit, NPK, terong

Abstract

Penelitian telah dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Jalan Kaharudin Nasution KM 11, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Penelitian telah dilakukan selama 5 (lima) bulan terhitung bulan Januari sampai Mei 20I5. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi maupun pengaruh utama aplikasi bokashi limbah padat kelapa sawit dan NPK Organik pada tanaman terong.

Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap 4x4 faklorial yang masing-masing dengan 3 ulangan. Faktor-faktor tersebut adalah faktor L (dosis bokasi limbah padat sawit) terdiri dari L0 = 0 g/plot, Ll = 1260 g/plot, L2 = 2520 g/plot dan 3780 g/plot dan faktor N (dosis pupuk NPK Organik) terdiri dari N0 = 0 g/tanaman, Nl = 20 g/tanaman, N2 = 40 g/tanaman dan N3 = 60 g/tanaman sehingga diperoleh 48 satuan percobaan. Setiap satuan pecobaan terdiri 4 tanaman dan 2 diantaranya sebagai sampel. Jumlah tanaman seluruhnya adalah 192 tanaman. Parameter yang diamati ialah tinggi tanaman, umur berbunga, umur panen, jumlah buah ekonomis per tanaman, berat buah ekonomis per tanaman dan jumlah buah tidak ekonomis per tanaman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bokashi limbah padat kelapa sawit dan NPK Organik secara interaksi berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter pengamatan dengan perlakuan terbaik pada pemberian bokashi limbah padat kelapa sawit 3780 g/plot dan NPK Organik 60 g/tanaman. Pengaruh utama bokashi limbah padat kelapa sawit nyata terhadap seluruh parameter pengamatan dengan perlakuan terbaik pada pemberian bokashi limbah padat kelapa sawit 3780 g/plot. Pengaruh utama NPK Organik nyata terhadap seluruh parameter pengamatan dengan perlakuan terbaik pada pemberian NPK Organik 60 g/tanaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-25
Section
Articles
Abstract viewed = 14 times
Artikel PDF downloaded = 30 times