Pembangunan Berkelanjutan Kawasan Pesisir di Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara

  • Nurmatias Nurmatias Universitas Sumatera Utara
Keywords: pembangunan, berkelanjutan, holistic

Abstract

Penelitian dilakukan di kawasan pesisir kabupaten Batubara dari bulan Mei sampai Oktober 2010, menggunakan metode survey kepada 342 responden, Data yang dikumpul adalah unsur pembangunan berkelanjutan yaitu aspek lingkungan, aspek ekonomi dan aspek sosial budaya. Analisis data yang digunakan adalah; Structural Equatian Modeling (SEM), untuk melihat pembangunan secara keseluruhan, GAP analisis unluk melihat capaian pembangunan saat ini, dan SWOT analisis untuk menyusun strategi pembangunan berkelanjutan, sedangkan untuk melihat pendayagunaan sumberdaya alam menggunakan analisis diskripsi.

Pembangunan kawasan pesisir kabupaten Batubara belum menerapkan konsep dan prinsip pembangunan berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dari terjadinya degredasi lingkungan, belum dijumpai program konservasi, tingginya angka kemiskinan, belum terciptanya pemerataan pendapatan dan lapangan kerja baru, tingkat pendidikan masyarakat masih rendah, kelembagaan yang ada tidak mengacu pada pembangunan berkelanjutan, terjadinya pergeseran budaya yang meninggalkan kearifan lokal.

Pembangunan secara parsial seperti pembangunan hanya memperhatikan aspek sosial dan ekonomi saja hasilnya hanya untuk pemerataan, jika pembangunan memperhatikan lingkungan dan sosial hasilnya hanya untuk kenyamanan sedangkan pembangunan yang memperhatikan ekonomi dan lingkungan hasilnya lingkungan akan menanggung beban. Tetapi jika pembangunan memperhatikan secara holistik dari aspek lingkungan, aspek ekonomi, dan aspek sosial budaya maka tercipta pembangunan berkelanjutan.

Strategi pembangunan kawasan pesisir kabupaten batubara adalah merencanakan penggunaan sumberdaya alam sebagai sumber ekonomi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat saat ini dan generasi yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-25
Section
Articles
Abstract viewed = 2 times
Artikel PDF downloaded = 2 times