Manajemen Tata Kelola Bumdes Dalam Pengembangan Usaha Di Bumdesa Karya Usaha Bersama

Authors

  • Evi Zubaidah Universitas Islam Riau
  • Sylvina Rusadi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25288/berdaya.v2i01.14864

Keywords:

Management, Tata Kelola, Pengembangan Usaha

Abstract

Bumdes sebagai lembaga pengungkit perekonomian desa melalui peningkatan layanan umum dan mengoptimalkan asset desa, begitu juga dengan Bumdesa karya usaha Bersama merupakan lembaga yang melaksanakan berbagai program perekonomian yang memiliki beberapa uniat usaha yang berfungsi untuk menambah perekonomian masyarakat disekitar. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi bumdesa karya usaha Bersama disalah satu unit usahanya yaitu unit usaha air minum masak masih mengalami kendala yakni dalam pencatatan laporan ke pihak manajer BUMDesa masih melakukan sistem manual sehingga sering terjadi kesalahan dan kekeliruan, hal ini menjadi perhatian untuk dilakukan pelaksanan pengabdian dengan cara Melaksanakan sosialisasi dan praktek ke pihak BUMDesa dan juga pegawai khusus yang ada di unit usaha Air Minum Masak tersebut, Dan juga dilakukan pendampingan langsung tentang tata cara penggunaan sistem elektronik tersebut yang sudah dibuat dan disiapkan oleh Tim PKM. Dengan adanya layanan digital tersebut diharapkan pegawai pada bagian unit usaha masak dapat menikmati layanan secara mandiri berbasis digital melalui smartphone untuk bisa terhubung langsung dengan manajer BUMDesa dan juga ke bagian bendahara Bumdesa untuk pelaporan setiap unit usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. T. Yulian Syahputri, D. P. Githa, and I. P. A. E. Pratama, “E-Readiness of Integrated Information Systems Using STOPE Framework in Udayana University,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 13–22, 2021)

Basir, M. A., Gunawan, I., Nazila, W. O., & Hadmar, A. M. (2020). Tata Kelola Administrasi Desa dalam Pemanfaatan Sistem Aplikasi Komputer. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2)

Gunawan, R. D., Oktavia, T., & Borman, R. I. B. I. (2018). Perancangan Sistem Informasi Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Berbasis Online (Tudi Kasus: SMA N 1 Kota Bumi). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 8(1), 43-54.

Herman, H., Tawakal, F., Indra, I., Puadji, F., Setianingsi, E., Sa’ban, L. A., & Hastuti, H. (2020). pembinaan Administrasi Desa di Desa Wajajaya. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 4(1), 87-94.

Rahmawati, W., & Tyas, Z. A. (2020, April). Pengembangan Sistem Informasi Desa untuk E Government di Desa Girikerto. In Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika (Vol. 4, No. 1).

Sondakh, S. S., 1, Kimbal, M., 2, Kairupan, J., & 3. (2014). Implementasi Administrasi Pemerintahan Desa Dalam Menunjang Pembangunan Di Desa Kanonang Dua Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa.

Susanto, E. R., Puspaningrum, A. S., & Neneng, N. (2021). Model Rekomendasi Penerima Bantuan Sosial Berdasarkan Data Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 1-12.

Shafira, A., & Kurniasiwi, A. (2021). Implementasi E-Government dalam upaya peningkatan pelayanan berbasis online di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 52-68.

Sari, T. (2019). Peranan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Di Desa Sepotong Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau)

Theresia Octastefani, dkk. (2018) Pasar Ekologis Sebagai Arah Pengembangan Tata Kelola Kelembagaan badan Usaha Milik Desa Mardi Gemi di Desa Gari Gunungkidul. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan. 2(1). 1-18.

Wasistiono,S.(2013). Pengantar ekologi Pemerintah IPDN Press. //library.unej.ac.id/index.php?p+=show_detail&id=19015

Downloads

Published

18-02-2024

How to Cite

Zubaidah, E., & Rusadi, S. (2024). Manajemen Tata Kelola Bumdes Dalam Pengembangan Usaha Di Bumdesa Karya Usaha Bersama. BERDAYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 46–51. https://doi.org/10.25288/berdaya.v2i01.14864