Inovasi E-Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Negeri Kedah Malaysia

Authors

  • Ahmad Fitra Yuza Universitas Islam Riau
  • Zaini Ali Universitas Islam Riau
  • Sharizufah Osman Universiti Utara Malaysia
  • Juni Mayanti Universitas Islam Riau
  • Jumiyanti Syafitri Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/berdaya.2023.14857

Keywords:

E-Government, Inovasi, Pemerintahan

Abstract

Pemerintah Malaysia selalu terbuka terhadap reformasi pelayanan publik dan memiliki sejarah panjang dalam memperkenalkan inovasi untuk meningkatkan operasional banyak organisasinya. Dengan adanya penerapan inovasi E-Government pemerintah dapat lebih mudah menjangkau masyarakat dalam cakupan wilayah yang luas. Tulisan ini akan melihat prioritas penciptaan kebaruan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Malaysia dengan menciptakan berbagai inovasi yang memanfaatkan E-Government. Hingga saat ini layanan E-Government di Malaysia masih terbatas dan penggunaannya masih rendah,  meskipun reformasi ini telah mempengaruhi banyak kegiatan dan proses pemerintahan di tingkat nasional dan daerah. Pengabdian ini berlangsung di Negara Bagian Kedah dengan sasaran kelompok masyarakat dan tokoh desa. Metode yang digunakan adalah Focus Group Discussion dengan memaksimalkan pertukaran informasi, strategi pembangunan, best practice inovasi pemerintah sebagai pembanding dan menyerap aspirasi kelompok sasaran dalam pengembangan inovasi di Negara Bagian Kedah. Eksternal PkM ini terdiri dari eksternal wajib berupa laporan PkM dan bahan ajar pada mata kuliah Inovasi Pemerintahan. Sedangkan penambahan eksternalnya adalah publikasi pada jurnal PkM. PkM ini terdiri dari dosen-dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan dan bekerjasama dengan dosen-dosen Universiti Utara Malaysia untuk memperkenalkan inovasi berbasis teknologi informasi melalui pengembangan website untuk masyarakat di Negara Bagian Kedah Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Hamid, S. N. I., Romle, A. R., & Mansor, M. H. (2015). Realistic agendas for future of e-government implementation in Malaysia. Research Journal of Social Sciences, 8(5), 913.

Abdullah, N. R. W., Mansor, N. B., & Hamzah, A. (2013). Keeping ahead of the game: Innovations and challenges in e-government in Malaysia. The Economic and Labour Relations Review, 24(4), 549-567.

Ahmad, M., Omar, M., Yasin, A., & Ibrahim, H. (2018). A Measurement Model of Information Sharing in E-Government Services: A Case Study of Kedah, Malaysia.

Asa'd M., B. Khazaei, B. Akhgar & Ja'far, A. (2016). Pentingnya Integrasi Pelayanan dalam Implementasi e- Government. Konferensi Internasional Sistem Informasi dan Komunikasi (ICICS) ke-7 2016.

Jazimin Zakaria, & Sity Daud. (2018). Menelusuri Pendemokasian Di Malaysia: Impak Terhadap Pencapaian Intergasi Nasional. E-Academia Journal, 7(1), 1–14.

Kaliannan, M., Awang, H. & Raman, M. (2007). Adopsi teknologi di sektor publik: studi eksplorasi e-Government di Malaysia. Prosiding Konferensi Internasional Pertama tentang Teori dan Praktik Tata Kelola Elektronik, hal. 221–224.

Maznorbalia, A. S., & Awalluddin, M. A. (2021). Users’ acceptance of E-government system in sintok, Malaysia: applying the UTAUT model. Policy & Governance Review, 5(1), 6681.

Prasetyo Galih Antonius, & Suripto. (2014). Handbook Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara (Pusat Intan-Dian-Lan) (Vol. 1). www.inovasi.lan.go.id

T.Almarabeh, & A.AbuAli. (2010) Kerangka Umum e-Government: Definisi, Kedewasaan, Tantangan, Peluang, dan Kesuksesan. Jurnal Penelitian Ilmiah Eropa, 39 (1), 29-42.

Downloads

Published

15-11-2023

How to Cite

Fitra Yuza, A., Ali, Z., Osman, S., Mayanti, J., & Syafitri, J. (2023). Inovasi E-Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Negeri Kedah Malaysia. BERDAYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02 (Oktober), 33–40. https://doi.org/10.25299/berdaya.2023.14857