Strategi Pengembangan Potensi Kepemudaan Dalam Membantu Pemerintah Mengembangkan Industri Kreatif Di Kedah

Authors

  • Rendi Tri Afrianda Universitas Islam Riau
  • Zulherawan Universitas Islam Riau
  • Marfunizah binti Ma'dan Universitas Utara Malaysia
  • Muhammad Alex Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/berdaya.2023.14761

Keywords:

Strategi; Potensi; Kepemudaan; Industri; Kreatif

Abstract

Kelompok wirausahawan dalam membangun kehidupan masyarakat telah membuktikan keberhasilannya dengan efektif di beberapa negara. Kehadiran kelompok wirausahawan di Malaysia telah membangun nilai strategis. Tidak hanya sekedar menciptakan kesejahteraan masyarakat, melainkan telah membangun komunitas usaha masyarakat yang didasari oleh simbiosis mutualistik antara dua negara serumpun ini. Sejauh ini kelompok wirausahawan di kedua negara sebagian besar baik di Indonesia maupun di Malaysia, lebih banyak lahir relatif tidak sistematis. Permasalahan ini tidak bisa dipertahankan untuk jangka panjang, harus ada usaha membangun budaya usaha khususnya di kalangan generasi muda. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menawarkan solusi membahas dua aspek penting yakni pertama, merumuskan model jaringan usaha pada komoditi kreatif di kalangan generasi muda. Kedua, merumuskan strategi pembinaan wirausaha muda dengan menempatkan potensi ASEAN sebagai pasar potensial industri kreatif di kalangan anak muda Malaysia khususnya di Kedah. Pembinaan dan pengembangan indusri kreatif dapat dilakukan pada generasi muda melalui usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan wirausahawan dalam membangun perekonomian masyarakat berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Tim menyampaikan tentang Tujuan pembinaan industry kreatif sebagai contoh penerepan di Indonesia seperti yang tertuang dalam pasal 5 UU Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar Kasmin Hutagalung, Muhammad, Rahma Fitri, and Sri Rezeki Widya Ritongga. 2019. “Generasi Muslim Milenial Dan Wirausaha.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 301.

Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Cet. 1.

Surakarta: Ziyad Visi Media.

Ambarwati, and Indra Sumarna Sobari. 2020. “Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era

Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan.” Jurnal

Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka Vol. 2 (No. 2): 140–44.

http://ojs.stiami.ac.id.

Basri, M. Chatib. 2012. Rumah Ekonomi Rumah Budaya. Cet. 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Handayani, Tri, and Rini Arvika Sari. 2020. “Ekonomi Kreatif: Pemetaan Kendala dan Analisis Strategi Kebijakan Pemerintah Studi Kasus pada Kota Bengkalis.” Jurnal EMT KITA 4 (1): 19. https://doi.org/10.35870/emt.v4i1.126.

Harjawati, Tri. 2020. “Model Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Syariah Di Provinsi Banten.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking Vol 2 (1): 187–206.

Hasan, Muhammad. 2018. “Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 1 (1): 81–86.

Inva Jaswita, Derizka, Hailidia Maharani, Rahmayanti Tumanggor, Lia Amalah, and Agus

Sulaiman. 2020. “Bagaimana Menjadi Generasi Milenial Yang

Kreatif Dan Mandiri Di Smk Negeri 2 Tangerang Selatan.” Dharma Laksana Vol. 3 (No. 1). http://dx.doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6282.

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021. “Partisipasi Generasi Milenial dalam Era Digital untuk Menjawab Tantangan Ekonomi Masa Depan -Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.” 2021. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3154/partisipasi-generasi-milenial-dalam-eradigital-untuk-menjawab-tantangan-ekonomi-masa-depan

Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Good Governance. Democratization. Local Government Financial Management. Transparancy Public Policy. Reinventing Government Accountability Probity. Value for Money Participatory Development. Yagyakarta: Andi Yaoyakarta

Marlinah, Lili. 2017. “Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif.” Cakrawala Vol. XVII (No. 2)

Mulya Firdausy, Carunia. 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia. 1st ed. Cet. 1. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Priadi, Andri, Veta Lidya Delimah Pasaribu, Virby, Sairin, and Gustia Gustia Wardani. 2020. “Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa Dikelurahan Rempoa.” Abdi Laksana Vol. 1 (No. 3)

Puspita, Veny, Fauzan, and Deni Triyanto. 2020. “Peran Generasi Milenial Dalam Pengembangan Industri Kreatif Sebagai Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kota Bengkulu.” Pareto: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik 3 (No. 2).

Ramli, Rizal. 2009. Pembaharuan dan Pemberdayaan. Permasalahan, Kritik, dan Gagasan Menuju Indonesia Masa Depan. Jakarta: UI Pers.

Rokhmatul Aysa, Imma. 2020. “Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Era Digital.” AtTamwil Vol. 2 (No. 2).

Santosa, Agus. 2020a. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil

Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19.” Syntax Literate:

Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 5 (No. 11). http://dx.doi.org/10.36418/syntaxliterate.v5i11.1730.

Sari, Anggri Puspita, Muhammad Faisal A R Pelu, Idah Kusuma Dewi, Marthinus Ismail,

Robert Tua Siregar, Nina Mistriani, Elisabeth Lenny Marit, Maklon Felipus Killa,

Bonaraja Purba, and Endang Lifchatullaillah. 2020. Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis

Published

10-11-2023

How to Cite

Afrianda, R. T., Zulherawan, Ma'dan, M. binti, & Alex, M. (2023). Strategi Pengembangan Potensi Kepemudaan Dalam Membantu Pemerintah Mengembangkan Industri Kreatif Di Kedah. BERDAYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02 (Oktober), 1–8. https://doi.org/10.25299/berdaya.2023.14761