MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA ETNIS MELAYU DAN TIONGHOA
Keywords:
Motivasi belajar, etnis Tionghoa dan etnis MelayuAbstract
Education is the right of all people who aim to increase the learning potential of students to become better human beings because it requires high motivation and support from various parties as role in the learning process activities. Internal and external encouragement on students who learn to improve their behavior so raises some indicators or elements that support the process. This study aims to determine the difference between Chinese and Malays student motivation at SMAN 1 Bengkalis. The method of collecting data uses a questionnaire, the scale used in this study is a learning motivation scale containing of 44 items. This study involved 100 Chinese and Malay ethnic by using simple random techniques. The result of this study indicates that there are differences in learning motivation between Chinese and Malay ethnic groups as showed by the value t = 3,095 and significance value = 0.003 (p<0.005). The hypothesis is accepted and educators need to find ways to increase student learning motivation.
Keywords : Learning motivation, Chinese and Malays ethnic
AbstrakPendidikan merupakan hak semua orang yang bertujuan untuk meningkatkan potensi belajar peserta didik agar menjadi manusia yang lebih baik karena itu diperlukan motivasi yang tinggi dan dukungan dari berbagai pihak sebagai bentuk peran dalam kegiatan proses belajar. Dorongan internal dan eksternal pada siswa yang sedang melakukan proses belajar untuk meningkatkan tingkah laku siswa sehingga menimbulkan beberapa indikator atau unsur-unsur yang mendukung proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar etnis Tionghoa dan etnis melayu di SMAN 1 Bengkalis. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala motivasi belajar yang terdiri dari 44 aitem. Penelitian ini melibatkan masing-masing etnis Tionghoa dan etnis Melayu 100 orang dengan menggunakan teknik acak sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara etnis Tionghoa dan etnis Melayu yang ditunjukkan dengan nilai t = 3.095 dan nilai signifikansi = 0,003 (p <0,005). Dengan demikian hipotesis diterima dan tenaga pendidik perlu mencari jalan untukmeningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Motivasi belajar, etnis Tionghoa dan etnis Melayu