ANALISIS KESULITAN GURU SMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN PELALAWAN

Authors

  • Sri Rahayu
  • Tity Hastuti

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(2).7492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru SMA khususnya guru ekonomi dalam mengimpelementasikan kurikulum 2013. Kesulitan implementasi dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru-guru yang tergabung dalam MGMP ekonomi di Kabupaten Pelalawan, yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (judgement expert). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam malaksanakan tahapan perencanaan pembelajaran (penyusunan RPP dan silabus) berada pada kategori cukup sulit yaitu sebesar 61,1%. 2) Dalam melaksanakan tahapan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scientific dalam kategori cukup sulit yaitu sebesar 77,8%. 3) Dalam melaksanakan tahapan penilaian otentik dalam kategori tidak sulit sebesar 63,9%. 4) Dimensi yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi adalah dimensi pelaksanaan, dengan persentase kesulitan sebesar 77,7%.

 

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Rahayu, S. ., & Hastuti, T. . (2020). ANALISIS KESULITAN GURU SMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN PELALAWAN. PEKA, 8(2). https://doi.org/10.25299/peka.2020.vol8(2).7492

Issue

Section

Articles