https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM/issue/feed Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin 2023-11-05T01:45:35+07:00 Musaddad Harahap jpim@journal.uir.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin (JPIM)</strong> adalah jurnal ilmiah <em>peer-review</em> khusus untuk para pecinta dan pencari ilmu, didirikan pada 14 Juni 2023 sebagai bagian dari upaya untuk <em>sharing</em> ilmu pengetahuan, pengalaman, dan pengamalan. Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin akan menjadi salah satu media publikasi dalam rangka memajukan kajian-kajian tentang isu-isu penting pendidikan Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh <strong><a href="https://uirpress.uir.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">UIR Press</a></strong>, terdiri tiga edisi pertahun, yaitu; priode<strong> Januari - April, Mei - Agustus, dan September - Desember</strong>. Kehadiran jurnal ini didedikasikan kepada; <em><strong>Pertama</strong>,</em> para akademisi yang sedang menempuh pendidikan jenjang S1, S2, dan S3, program pendidikan pra jabatan, dan program pendidikan dalam jabatan, dengan ketentuan melibatkan dosen pembimbing. <em><strong>Kedua</strong>,</em> para dosen, dengan ketentuan melibatkan mahasiswa. <em><strong>Ketiga</strong>,</em> para pendidik/guru, konsultan pendidikan, praktisi pendidikan atau pemerhati pendidikan, berkolaborasi dengan dosen atau mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>(e-ISSN</strong> <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230716392112421" target="_blank" rel="noopener">3031-0296</a></strong> / <strong>p-ISSN</strong> <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231127590740515" target="_blank" rel="noopener"><strong>3031-3953</strong></a><strong>)</strong></p> https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM/article/view/14170 Implementasi Media Pembelajaran Flashcard Dalam Meningkatkan Keterampilan Sholat Peserta Didik 2023-08-20T16:57:42+07:00 Denada Rahmawati denadadanti@gmail.com Musaddad Harahap musaddadharahap@fis.uir.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran <em>flashcard</em> dalam meningkatkan keterampilan sholat peserta didik di kelas 4 SDN 009 Sidomulyo, Kabupaten Indragiri Hulu. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan faktanya keterampilan sholat peserta didik masih belum perlu untuk diperbaiki dan disempurnakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakkan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Negeri 009 Sidomulyo Kabupaten Indragiri Hulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan media pembelajaran <em>flashcard</em> dinilai masih kurang baik dengan presentase sebesar 15% dalam aspek keterampilan sholat. setelah diterapkan media pembelajaran <em>flashcard</em> pada siklus I perolehan nilai meningkat menjadi 50% dalam aspek keterampilan sholat peserta didik dengan kategori sedang, dikarenakan hasil observasi pada siklus I ini belum mencapai kategori nilai yang telah ditentukan, maka dilanjutkan pada siklus II , pada siklus ini perolehan nilai meningkat menjadi 90% dalam aspek keterampilan sholat dengan kategori sangat tinggi dan hasil kedua pada siklus II ini sudah tuntas dari kategori nilai yang telah ditentukan dan penelitian tidak dilanjutkan ketahap selanjutnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran <em>flashcard</em> dapat meningkatkan keterampilan sholat peserta didik di kelas 4 SD Negeri 009 Sidomulyo, Kabupaten Indragiri Hulu.</p> 2023-08-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM/article/view/14175 Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam 2023-09-06T13:45:53+07:00 Della Pebilasari dellafebilasari02@student.uir.ac.id Yenni Yunita yenniyunita@fis.uir.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa di SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Ditemukan bahwa siswa tidak berpartisipasi aktif menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan. Kemudian dalam proses belajar masih banyak siswa yang tidak aktif, kurang percaya diri, sehingga mengakibatkan kegiatan proses belajar hanya guru yang aktif sedangkan siswanya kurang aktif belajar. Permasalahan keaktifan belajar siswa yang rendah dapat diatasi dengan metode diskusi. Metode diskusi ini dianggap sangat berhasil karena membuat sesi pembelajaran menjadi dinamis dan menarik. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian melibatkan seluruh populasi dan sampel berjumlah 75 siswa. Analisis data yang digunakan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian yaitu metode diskusi berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar pada siswa di SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Berdasarkan nilai (R <em>Square</em>) sebesar 0,989 bahwa keaktifan belajar siswa dipengaruhi oleh metode diskusi yang berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan nilai koefisien (R) sebesar 0,995 dikategorikan bahwa hubungan variable X ke variable Y itu sangat tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil ANOVA nilai sig &lt; 0,05 yaitu 0,000 &lt; 0,05 yang berarti Ha diterima. Temuan penelitian ini diharapkan mampu membuat siswa termotivasi dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam dan merangsang minat belajar aktif.</p> 2023-09-06T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM/article/view/14578 Hubungan Metode Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik 2023-10-27T04:53:31+07:00 Irena Maharani irenamaharani@student.uir.ac.id Ary Antony Putra aryantonyputra@fis.uir.ac.id <p style="text-align: justify;">Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan dan memberikan penjelasan sederhana terhadap materi yang telah diajarkan guru. Siswa juga dalam bertanya dan menjawab pertanyaan masih kurang. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fiqh ibadah di MTs. Muhammadiyah Lubuk Jambi. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian berjumlah 85 dan semuanya dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Instrumen pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Sementara analisis datanya adalah uji regresi linier sederhana. Adapun hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000 maka Ha diterima yang menyatakan ada hubungan antara metode pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran matematika. Pembelajaran Fiqih Ibadah di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi. Besarnya tingkat pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,176 berada pada rentang 0,00-0,199 dan termasuk dalam kategori sangat rendah. Artinya pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Fiqh Ibadah di MTs Muhammadiyah Lubuk Jambi “sangat rendah”.</p> 2023-10-27T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM/article/view/14579 Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 2023-11-05T01:36:21+07:00 Nur Santi nursanti@student.uir.ac.id Firdaus Firdaus firdausrida@edu.uir.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat. Objek penelitian ini adalah pengaruh lingkungan keluarga terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi dalam penelitian sebanyak 83 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Diketahui bahwa hasil analisis regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 maka 0,000 &lt; 0,05 artinya hipotesis penelitian diterima. Besar pengaruhnya lingkungan keluarga 0,317 atau 31,7% dikategorikan rendah, karena berada direntang&nbsp; 0,20 – 0399 seperti yang terdapat dalam label interprestasi koefisien korelasi. Sedangkan sisahnya 68,3% dipengaruhi oleh hal-hal lain. Dengan demikian hipotesis diterima. Tingkat hubungan&nbsp; antara lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi dalam kategori rendah.</p> 2023-11-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM/article/view/14636 Analisa Pemikiran Rene Descartes Mengenai Rasionalisme dan Sinergitasnya Terhadap Pendidikan Islam 2023-11-05T01:45:35+07:00 Athaya Nurma Salsabila nurmaathaya75@gmail.com A. Usis Fadhlulloh 23030160175@student.walisongo.ac.id Mauli Nafis Sabila 23030160178@student.walisongo.ac.id Nola Farizatun Nabila 23030160205@student.walisongo.ac.id Nasikhin Nasikhin nasikhin@walisongo.ac.id Mahfud Junaedi mahfudjunaedi@walisongo.ac.id Deborah Jean Brown deborah.brown@uq.edu.au <p>Studi ini bertujuan untuk menganalisis peran pemikiran Rene Descartes dalam kajian rasionalisme dan sinergitasnya pada pendidikan Islam. Melalui analisis ini dapat diidentifikasikan titik nilai-nilai pemikiran Rene Descartes dapat diterapkan atau bersinegritas dalam konteks pendidikan Islam untuk mencapai pemahaman lebih mendalam dan harmonis. Dengan menggunakn metode penelitian kepustakaan yang digunakan dalam studi ini, didapati bahwasanya Descartes adalah seorang filsuf dan matematikawan Prancis abad ke-17 yang dikenal melalui karyanya yang berjudul "Meditasi Mengenai Filsafat Pertama". Dimana karya ini memberikan kontribusi besar terhadap pemikiran epistemologi dan metodologi ilmiah. Dalam perjalanan pemikirannya, Descartes mencoba meragukan segala sesuatu yang dapat diragukan dan mencapai simpulan terkenal, "Cogito, ergo sum" (Saya berpikir, maka saya ada). Pernyataan ini menjadi dasar bagi pemikiran epistemologisnya, di mana ia mencoba membangun pengetahuannya berdasarkan landasan yang pasti dan tak terbantahkan. Meskipun pemikiran Descartes memunculkan kontroversi, warisannya tetap memberikan pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan, filsafat, dan metodologi penelitian modern salah satunya bersinergitas pada pendidikan Islam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemikiran rasionalisme Rene Descartes berpengaruh dalam hal ranah pendidikan Islam meliputi pemahaman akal, pengetahuan pasti melalui metode keraguan, integrasi pengetahuan, dan pembuktian yang jelas dan tepat, berpikir kritis.</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Islam Muta'allimin (JPIM)