Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Rambah Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Khairul Akmal Mahasiswa Program Pascasarjana, Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau-Indonesia
  • Zaini Ali Dosen Program Pascasarjana, Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Riau-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/jkp.2016.vol2(1).9345

Keywords:

Evaluasi, Kebijakan dan Pelayanan Kesehatan

Abstract

Kinerja    birokrasi     pemerintahan    sangat    menentukan   keberhasilan pembangunan suatu negara.  Puskesmas adalah salah satu bentuk birokrasi yang sangat diharapkan kontribusinya dalam membangun kesehatan masyarakat di pedesaan. Sejumlah fakta menggambarkan bahwa ternyata masih banyak masyarakat penerima layanan seperti di Puskesmas Rambah Kecamatan Rambah yang mengeluh karena lemahnya pelayanan kesehatan yang mereka terima.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kinerja Puskesmas Rambah dalam pemberian pelayanan kesehatan pada masyarakat. Untuk menjawab tujuan penelitian digunakan sejumlah teori kinerja sementara untuk mendapatkan data dipergunakan sejumlah instrumen pengumpul data seperti kuesiner, wawancara observasi serta dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang valid dari kuesioner dan wawancara, penulis menetapkan sejumlah responden dari pihak Puskesmas sementara masyarakat penerima pelayanan penulis jadikan sebagai informan. Untuk mendapatkan data yang komprehensif penulis menggunakan dua tehnik pengumpulan data yaitu data primer yang diperoleh dari responden, informan dan observasi serta  data sekunder yang  diperoleh  dari dari berbagai sumber seperti  data  dokumen, Karena  tipe  penelitian ini adalah  eksplonari, maka  sifat  penelitian  ini  adalah   diskriptif  analitis.  Dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja Puskesmas Rambah kecamatan Rambah kabupaten Rokan Hulu berada pada kategori baik.  Kemudian sejumlah hambatan diketahui sebagai faktor yang mempengaruhi kinerja Puskesmas  Rambah seperti terbatasnya SDM, fasilitas serta tingkat  disiplin  pegawai  yang  masih  renda. Karena itu melalui penelitian ini disarankan agar Pemda kabupaten Rokan Hulu untuk menambah Puskesmas Pembantu guna mengurangi kunjungan masyarakat ke   Puskesmas  Induk  sehingga  pelayanan  dapat di optimalkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ari, 2004. Pedoman Pratikum : Penyusunan Stadar Pelayanan (SP) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Semarang, FISIP UNDIP.
Askok K.Gupta, S.P.Raj, dan David Wilemon 2004, "A Model For Studying R&D
A.A. Gde Muninjaya. 2004. Manajemen Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC:
Alan Brache, 2002, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia “ Kinerja / Performance “ (Ed), Tujuh Asumsi Yang Menghambat Perbaikan Kinerja, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo-Kelompok Gramedia.
Armstrong, M.1998. Performance Management. Clays,Ltd,St.Ives ple. England.
Awang, Azam, 2010, Studi Kajian Pemberdayaan Berdasarkan Kearifan Lokal di Kabupaten Lingga Propinsi Kepulauan Riau, Pustaka Pelajar
Betti Laksana, program disiplin bagi tenaga kesehatan, Jakarta
Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, profil kesehatan Kabupaten Rokan Hulu tahun 2008, Pasirpengaraian
Doni, D., Yogia, M. A., Zainal, M. D. W., Ayu, A., & Purwati, M. L. H. (2021). Effect of Management of Market Levies Management on Trader Satisfaction.
Doni, D., Yogia, M. A., Zainal, Z., Riauan, M. A., Purwati, A. A., & Wedayanti, M. D. (2021). Management of Market Pelita Retribution In Bangko District In Increasing Original Revenue of Rokan Hilir Regency.
Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta
Hastono Priyo Sutanto,2001, Analisis Data, FKMUI, Jakarta
Hadari Nawawi, 2003, Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Hidayah, S. M., & Riauan, M. A. I. (2021). Analisis Framing Kebijakan Pemerintah tetang Rencana Pembelajaran Tatap Muka di Media Online CNN Indonesia. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(2), 167-184.
Irianto, A. 2001. Statistik (Konsep dasar & Aplikasinya), Jakarta, Prenada Media.
Inu Kencana Syafiie, 2002, Sistem Pemerintahan Indonesia (Edisi Revisi), Rineka Cipta,Jakarta.
Muninjaya. 2004. Manajemen Kesehatan. EGC. Jakarta
Munir, A., Wahyudi, S., & Zainal, Z. (2020). Tinjauan Kriminologi Terhadap Sensual Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Yang Diperankan Oleh Sales Promotion Girl Di Kota Pekanbaru. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik dan Birokrasi, 6(2), 21-35.
Maria Susanti, 2001, peranan tenaga kesehatan pada masyarakat, Bumi Pustaka Jakarta
Mathis, dan Jackson, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi pertama, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Salemba Empat
Muda untuk Perubahan Sosial. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=EZZaEAAAQBAJ(Halim et al., n.d.)
Notoatmojo,S. 2009. Kesehatan Masyarakat, Ilmu dan Seni. Rhineka Cipta.Jakarta
Notoatmojo, S, 2001, Kesehatan masyarakat dan statistik, Rhineka Cipta, Jakarta
Qurniawati, E. F., & Riauan, M. A. I. (2015). Analisis Framing Pencitraan Pariwisata Indonesia pada Majalah Penerbangan Linker. Editor, 12, 219.
Rajasa, Y. (2021). Good Governance In Structure Belantik Raya People's Market In Siak District. Jurnal Kajian Pemerintah: Journal of Government, Social and Politics, 11(2), 1-11.
Ruky, Achmad S, 2001, “Manajemen Penggajian dan Pengupahan Untuk Karyawan Perusahaan” ,Edisi Pertama, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Riauan, M. A. I., & Aziz, A. (2019). Professional Gamer: The Meaning on ‘Point Blank Online’Play. Jurnal The Messenger, 11(1), 18-26.
Riauan, M. A. I., Sari, G. G., Aziz, A., Prayuda, R., & Sikumbang, A. T. (2020). Refleksi Anomali Makna Perilaku Merokok di Kalangan Dosen Universitas Islam Riau. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 207-222.
Riauan, M. A. I., & Sari, G. G. (2018). Konsep Diri Perokok di Universitas Islam Riau. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 6(2), 27-38.
Riauan, M. A., Sari, G. G., Aslinda, C., & Qurniawati, E. F. (2018). Konstruksi Makna Ketergantungan dalam Perilaku Merokok. Relasi Negara Industri Dan Masyarakat Dalam Perspektif Komunikasi, 171.
Satria, A., Yogia, M. A., & Wedayanti, M. D. (2021, January). Strategy of Tourism and Culture Office in Development of Cultural Heritage at Kuantan Singingi Regency. In INCEESS 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Economics Engineering and Social Science, InCEESS 2020, 17-18 July, Bekasi, Indonesia (p. 282). European Alliance for Innovation.
Subhayano, T., Yogia, M. A., Wedayanti, A. A. P. M. D., & Zainal, M. L. H. (2021). Good Governance in Maintaining Peace and Order at Pangkalan Kerinci District. Pelalawan Regency.
Subhayano, T., Yogia, M. A., Wedayanti, M. D., & Zainal, Z. (2021). The Role of the Camat in Coordinating the Administration of Peace and Order in Pangkalan Kerinci District Pelalawan Regency.
Suharto, E. 2008. Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Cetakan Kedua. Alfabeta. Bandung
Sukendro, G. G., Pandrianto, N., Oktavianti, R., & Sari, W. P. (Eds.). (2022). Komunikasi Anak Sari, G. G., Wirman, W., & Riauan, M. A. (2018). Pergeseran Makna Tradisi Bakar Tongkang Bagi Generasi Muda Tionghua di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau.
Sudarmono, analisa kinerja aparat pemerintah, cetakan pertama, Bandung
Suriani, 2001, kebijakan pada pemerintah daerah, Jakarta
Sudjana. 2002. Metoda Statistika.Penerbit Tarsito,.Bandung
Sary Antoni, 2001, Metode analisis pada organisasi, Jakarta
Suta Dermawan, 2000, Informasi kesehatan daerah, Jakarta
Taliziduhu Ndraha, 2003. Ilmu Pemerintahan Baru, Rineka Cipta, Jakarta.
Tika, M.P. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bumi Aksara. Jakarta
Trijupitasari, R., & Riauan, M. A. I. (2017). Pola Komunikasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru Dalam Mensosialisasikan Bahaya HIV dan AIDS Kepada Penjaja Sex dan Gay. MEDIUM, 6(1), 78-86.
Villere, 2002 Manajemen Kinerja Organnisasi, Bumi Aksara, Jakarta.
Widodo, Joko. 2001. Good Governance, Telaah dari Dimensi Akuntabilitas dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Insan Cendekia, Surabaya.
Yogia, T. S. M. A., Wedayanti, A. A. P. M. D., & Zainal, R. P. (2021). Ecological Citizenship Camat and Village Head in Maintaining Peace and Order at Pangkalan Kerinci Sub District Pelalawan Regency.
Yuza, A. F. (2014). Policy Dynamics on Subdistricts and Various Post-Reformation Implications.
Zainal, M., Suwaro, U., Mariana, D., & Redjo, S. I. (2017, November). Governance of Forest and Peatland Fire Prevention in Riau Province. In International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG 2017) (pp. 122-125). Atlantis Press.
Zainal, Z., Rambey, R. R., & Rahman, K. (2021). Governance of Household Waste Management in Pekanbaru City. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 37(2).

Downloads

Published

2022-04-20

Issue

Section

Articles